TNI AU - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Udara

UPACARA PERINGATAN HARI IBU DI LANUD SULTAN HASANUDDIN

By 22 Dec 2017Berita
2017-12-27-pen-lanud-hnd-upacara-hari-ibu

TNI AU. Peringatan hari ibu setiap tahunnya diselenggarakan untuk mengenang dan menghargai perjuangan kaum perempuan Indonesia, yang telah berjuang bersama-sama kaum laki-laki dalam merebut kemerdekaan dan berjuang untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat. Tekad dan perjuangan kaum perempuan untuk mewujudkan kemerdekaan dilandasi oleh cita-cita dan semangat persatuan kesatuan menuju kemerdekaan Indonesia yang aman, tentram, damai, adil dan makmur sebagaimana dideklarasikan pertama kali dalam kongres perempuan  indonesia pada tanggal 22 Desember 1928 di Yogyakarta. Peristiwa ini sekaligus sebagai tonggak sejarah bagi bangsa Indonesia dan diperingati setiap tahunnya, baik di dalam dan luar negeri. Komitmen pemerintah juga dibuktikan dengan diterbitkannya Keputusan Presiden Republik Indonesia nomor 316 tahun 1959, yang menetapkan bahwa tanggal 22 Desember sebagai hari ibu sekaligus hari nasional bukan hari libur.

Demikian sambutan Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Yohana Yembise yang dibacakan Komandan Lanud Sultan Hasanuddin Marsma TNI Bowo Budiarto, S.E. selaku inspektur upacara bendera dalam rangka memperingati Hari Ibu (PHI) ke-89 tahun 2017, Jumat (22/12) di Apron Galaktika Lanud Sultan Hasanuddin, Makassar.

Upacara yang penuh khidmat dan diikuti seluruh anggota Lanud Sultan Hasanuddin, Wing 2 Paskhas, Batalyon Komando 466 Paskhas dan Denhanud 472 Paskhas baik militer maupun Aparatur Sipil Negara tersebut, diawali pengibaran bendera Merah Putih, mengheningkan cipta, pembacaan teks Pancasila, pembacaan Pembukaan UUD 1945, pembacaan sejarah singkat hari Ibu, sambutan Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak dan diakhiri dengan doa.

Ditambahkan juga momentum hari Ibu dijadikan sebagai refleksi dan renungan bagi kita semua, tentang berbagai upaya yang telah dilakukan dalam rangka memajukan pergerakan perempuan di semua bidang pembangunan, dan kepada generasi penerus bangsa agar mempertebal tekad dan semangat untuk bersama-sama melanjutkan dan mengisi pembangunan dengan dilandasi semangat persatuan dan kesatuan.

Peringatan hari Ibu ke-89 tahun 2017 mengambil tema “Perempuan Berdaya, Indonesia Jaya” dimana perempuan dan laki-laki memiliki peran dan kedudukan yang setara didalam mencapai tujuan negara serta didalam memperjuangkan kesejahteraan di semua bidang pembangunan. Selain itu, perempuan dan laki-laki juga mempunyai kesempatan, akses serta peluang yang sama sebagai sumber daya pembangunan sesuai target yang harus dicapai dalam tujuan pembangunan nasional jangka menengah dan jangka panjang maupun tujuan pembangunan berkelanjutan sampai tahun 2030.

Leave a Reply

Verifikasi CAPTCHA *

UPACARA PERINGATAN HARI IBU DI LANUD SULTAN HASANUDDIN