BeritaBerita Kotama

Upacara Peringatan Hari Kebangkitan Nasional di Kosekhanudnas II

Upacara Peringatan Hari Kebangkitan Nasional di Kosekhanudnas II
#TNIAU 

TNI AU. Segenap personel Koaekhanudnas II baik perwira, bintara, tamtama dan PNS mengikuti Upacara Peringatan Hari Kebangkitan Nasional ke-110 yang berlangsung di Lapangan Apel Mako Kosekhanudnas II dengan Inspektur Upacara Pangkosekhanudnas II Marsekal Pertama TNI Andi Heru Wahyudi yang diwakili oleh Asisten Logistik Kolonel Tek Sufran Taufik Bobihu., Senin (21/5).

Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Republik Indonesia Rudiantara dalam pidatonya yang dibacakan Asisten Logistik Kosekhanudnas II menyampaikan bahwa semangat kebangkitan nasional tidak pernah memudar, namun justru menunjukkan urgensinya bagi kehidupan berbangsa dan bernegara. “Padahal semangat itu sudah tercetus setidaknya 110 tahun yang lalu, ditandai dengan berdirinya Boedi Oetomo, namun sampai sekarang tetap ampuh menyatukan dan menyemangati gerak kita sebagai bangsa”, tambahnya.

Kebangkitan Nasional tahun 1952 mengatakan bahwa “ Pada hari itu kita mulai memasuki satu cara baru untuk melaksanakan ide, satu naluri pokok daripada bangsa Indonesia. Naluri pokok ingin merdeka, naluri pokok ingin hidup berharkat sebagai manusia dan sebagai bangsa. Cara baru itu ialah cara mengejar sesuatu maksud dengan alat organisasi politik, cara berjuang dengan perserikatan dan perhimpunan politik, cara berjuang dengan tenaga persatuan.”

Seratus sepuluh tahun kemudian bangsa ini telah tumbuh menjadi bangsa yang besar dan maju, sejajar dengan bangsa-bangsa lain. Meski belum sepenuhnya sempurnah, rakyatnya telah menikmati hasil perjuangan para pahlawannya berupa meningkatnya perekonomian,kesehatan,pendidikan, dan sebagainya. Keringat dan darah pendahulu bangsa telah menjelma menjadi hamparan permadani perikehidupan yang nyaman dalam rengkuhan kelambu kemerdekaan.

Lebih lanjut Menkominfo mengatakan bahwa Kabinet Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla berisi visi untuk meningkatkan kualitas hidup manusia Indonesia melalui peningkatan kualitas pendidikan dan pelatihan. Pada awal tahun ini, visi tersebut mendapat penekanan lebih melalui amanat Presiden Joko Widodo yang menyatakan bahwa pemerintah akan meningkatkan pembangunan sumber daya manusia (SDM) pada tahun 2019, melanjutkan percepatan pembangunan infrastruktur yang menjadi fokus pada tahun sebelumnya. Melalui pembangunan manusia yang terampil dan terdidik, pemerintah ingin meningkatkan daya saing ekonomi dan secara simultan meningkatkan kapasitas sumber daya manusia.

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel