Berita

Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila Digelar di Lanud Adisutjipto

Dibaca: 29 Oleh 01 Okt 2019Tidak ada komentar
Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila Digelar di Lanud Adisutjipto
#TNIAU 

TNI AU.  Sebanyak 1500 personel TNI dan PNS di wilayah Yogyakarta mengikuti Upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila di Lapangan Jupiter Lanud Adisutjipto, Selasa (1/10). Upacara Gabungan tersebut terdiri dari personel Lanud Adisutjipto, Akademi Angkatan Udara, Rspau dr. S. Hardjolukito dan Denhanud 474 Paskhas. Bertindak selaku Inspektur Upacara adalah Komandan Lanud Adisutjipto Marsma TNI Ir. Bob H. Panggabean.

Dalam rangkaian upacara Hari Kesaktian Pancasila yang bertema “Pancasila sebagai dasar penguatan karakter bangsa, menuju Indonesia maju dan bahagia” dibacakan Pancasila oleh Irup diikuti para peserta, pembacaan ikrar peringatan Hari Kesaktian Pancasila, pembacaan Pembukaan UUD 1945 dan pembacaan Doa.

Usai mempimpin upacara, Danlanud Adisutjipto menyampaikan bahwa penyelenggaraan peringatan Hari Kesaktian Pancasila sesungguhnya merupakan salah satu upaya untuk memelihara ingatan kita, tentang Pancasila sebagai  idiologi yang harus terus dipegang teguh oleh seluruh komponen bangsa.

Di samping itu, peringatan Hari Kesaktian Pancasila, juga merupakan sarana untuk mengingatkan seluruh komponen bangsa tentang catatan hitam yang pernah terjadi di dalam perjalanan sejarah bangsa, yaitu peristiwa Gerakan 30 September yang dilakukan oleh Partai Komunis Indonesia Tahun 1965.

Baca juga:  GLADI POSKO JALAK SAKTI DI LANUD SUPADIO

“Keberhasilan menumpas Gerakan 30 September inilah yang kita peringati sebagai Hari Kesaktian Pancasila, dan menjadi momentum bagi segenap elemen bangsa untuk terus menjaga Pancasila agar tetap menjadi Dasar Negara Bangsa Indonesia yang menjamin tegak berdirinya NKRI,” tegasnya.

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel