TNI AU - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Udara

Upacara Peringatan HUT ke-55 Koharmatau

By 26 Oct 2018Berita
WEB_DISPEN

TNI AU.  Komandan Koharmatau Marsekal Muda TNI Dento Priyono menjadi Inspektur Upacara Peringatan HUT Ke-55 Koharmatau di Lapangan Apel Mako Koharmatau, Jum’at (26/10).  Dalam sambutannya Komandan Koharmatau menyampaikan bahwa Tradisi memperingati hari ulang tahun satuan, di samping sebagai wujud ungkapan rasa syukur kita kepada Tuhan Yang Maha Esa, juga sebagai momentum yang tepat untuk mengingat kembali lahirnya sejarah perjuangan dan pengorbanan para pejuang yang gigih, tanpa pamrih, dengan tidak mengenal lelah dan batas waktu demi tercapai cita-cita yang luhur dan mulia bagi insan teknisi Koharmatau khususnya dan TNI Angkatan Udara pada umumnya sekaligus sebagai sarana introspeksi dan evaluasi terhadap seluruh pelaksanaan tugas Koharmatau yang telah dikerjakan selama ini. Selanjutnya apa yang telah dicapai, hendaknya menjadi titik tolak bagi peningkatan kualitas pengabdian yang lebih baik di masa mendatang.

 Pada kesempatan yang bersejarah ini, Komandan  mengajak kepada semua yang hadir untuk mengingat kembali sebuah peristiwa heroik terkait dengan cikal bakal lahirnya insan teknisi TNI Angkatan Udara, berawal dari perkembangan alutsista yang dimiliki bangsa ini dimulai sejak kita merebut pesawat-pesawat peninggalan Jepang seperti chureng, Nishikoreng, Hayabusha dan lain-lain pasca penjajahan Jepang berakhir yang kondisi dari pesawat-pesawat tersebut banyak yang memerlukan tenaga teknisi untuk diperbaiki, pada saat itu lahirlah seorang figur teknisi bapak Basjir Soerya yang merupakan putra daerah kelahiran Garut, 17 April 1912.

Sejak kecil sudah menekuni bidang teknik dan bersekolah di sekolah Teknik Belanda  Ambach School di Bandung.  Belajar teknik pesawat dimulai tahun 1932 di Lapangan Terbang Andir. Dengan pengalaman yang mumpuni dan semangat pengabdian yang tinggi kepada bangsa dan negara, pada tanggal, 26 Oktober 1945, bapak Basjir Soerya menancapkan tonggak sejarah dengan berhasil melaksanakan perbaikan pesawat Chureng.  Kegiatan perbaikan pesawat yang sebelumnya tidak dapat diterbangkan kemudian menjadi siap untuk diterbangkan merupakan bukti nyata para teknisi pesawat mengambil peran penting dalam perjuangan bangsa ini. Lanjut Komandan.

Seirama dengan perjalanan TNI Angkatan Udara, berdasarkan Surat Keputusan Menteri/ Panglima Angkatan Udara Nomor 38 tahun 1963 dibentuklah Komando Logistik Angkatan Udara (Kologau) yang sekarang bernama Koharmatau dimana telah berusia 55 tahun dalam pengabdiannya dan telah menorehkan banyak prestasi yang membanggakan. Hal tersebut, hendaknya dapat dijadikan sumber inspirasi untuk semakin memantapkan peran, tugas dan fungsi Koharmatau sebagai salah satu Komando Utama Fungsional TNI Angkatan Udara.

 

Leave a Reply

Verifikasi CAPTCHA *

Upacara Peringatan HUT ke-55 Koharmatau