TNI AU - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Udara

Upacara Peringatan HUT ke-72 TNI AU Di Kota Medan

Upacara_2

TNI AU. Pada pukul. 08.00 WIB, Keluarga besar TNI Angkatan Udara di Medan melaksanakan upacara peringatan HUT ke-72 TNI Angkatan Udara, Senin, (09/04). Upacara dilaksanakan di Apron Kelapa Sawit Lanud Soewondo, turut hadir pada upacara tersebut Pangkosekhanudnas III yang diwakili Asisten Operasi Kosekhanudnas III, LO TNI AU Kodam I/BB, para Asisten Kosekhanudnas III, Komandan Yonko 469 Paskhas, para Kadis Lanud Soewondo, ibu-ibu IKKT PWA Cabang 04-Kosekhanudnas III, ibu-ibu PIA Ardhya Garini Cabang 15/D.I Lanud Soewondo serta ibu-ibu PIA Ardhya Garini Cab Wing III Paskhas serta seluruh personel TNI AU di Medan.

Bertindak sebagai Irup Asisten Operasi Kosekhanudnas III Kolonel Pnb Jhonson Henrico Simatupang, membacakan sambutan Kasau (Kepala Staf Angkatan Udara), dalam sambutannya menyampaikan untuk mengajak kepada segenap Prajurit TNI Angkatan Udara dimanapun bertugas agar selalu senantiasa siap dalam menghadapi dinamika tantangan tugas dimasa depan. Disamping itu peringatan hari jadi Angkatan Udara, pada hakekatnya merupakan momentum upaya pelestarian nilai-nilai historis perjuangan pengabdian Angkatan Udara sejak awal kelahirannya, sehingga ingatan kita selalu kembali kepada jasa para pahlawan, khususnya para perintis dan pendahulu Angkatan Udara, hal tersebut merupakan saat yang tepat untuk menggali semangat pengabdian, pantang menyerah dan dedikasi tinggi para pejuang, pelopor, sesepuh dan senior Angkatan Udara yang telah meletakkan dasar-dasar organisasi pertahanan negara di udara, yang implementasinya sangat relevan bagi keberadaan TNI AU di masa lalu, masa sekarang dan masa mendatang.

Kasau juga menegaskan kepada seluruh personel Angkatan Udara, dalam melaksanakan tugas agar membuat perencanaan yang baik, saling sinergi dan bekerjasama dengan segenap komponen bangsa dan rakyat untuk menyelesaikan tugas-tugas yang diberikan. Tunjukkan bahwa personel TNI Angkatan Udara adalah Insan Dirgantara yang mengerti dan memahami akan tugas serta tanggung jawabnya dalam menjaga pertahanan negara di udara. Selain itu, TNI Angkatan Udara juga harus terus mendukung salah satu program pemerintah yang menjadi prioritas nasional yaitu, “Menghadirkan kembali negara untuk melindungi segenap bangsa dan memberikan rasa aman kepada seluruh warga negara”, serta mewujudkan Indonesia sebagai Poros Maritim Dunia, dimana TNI AU harus memiliki kemampuan yang optimal untuk mengamankan program tersebut dengan melaksanakan maritime air strike dan maritime air support.

Dalam konteks berbagai tantangan dan harapan, Kasau bersama dengan segenap prajurit TNI AU menyatukan tekad bersama dalam melaksanakan tugasnya yang tertuang dalam tema peringatan HUT ke-72 TNI Angkatan Udara, yaitu “Dilandasi Jiwa Ksatria, Militan, Loyal, Profesional dan Keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia”. Tema ini merupakan tekad kita bersama dan menjadi sumber inspirasi bagi seluruh anggota TNI Angkatan udara dalam melaksanakan tugas.

Leave a Reply

Verifikasi CAPTCHA *

Upacara Peringatan HUT ke-72 TNI AU Di Kota Medan