BeritaBerita KotamaKoopsau 3

Upacara Peringatan HUT Ke-76 TNI Secara Virtual Di Makoopsau III

Dibaca: 40 Oleh 05 Okt 2021Tidak ada komentar
WhatsApp Image 2021 10 05 at 14.02.17
#TNIAU 

TNI AU. Pangkoopsau III Marsda TNI Samsul Rizal, S.I.P., M. Tr (Han) bersama dengan para Komandan satuan TNI serta Forkompimda Kabupaten Biak Numfor, mengikuti upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-76 TNI tahun 2021 dari Istana Negara dengan Inspektur Upacara Presiden Republik Indonesia Ir. H. Joko Widodo, yang berlangsung di ruang Audiensi Makoopsau III Samofa Biak. (Selasa, 5/10).

Para pejabat pimpinan TNI di wilayah Biak yang mengikuti upacara secara virtual tersebut, tampak Panglima Koopsau III Marsda TNI Samsul Rizal, S.I.P., M. Tr (Han), Kas Koopsau III Marsma TNI Ronald L. Siregar, S.T., M.M., M. Tr (Han), Komandan Korem 173/PVB Brigjen TNI Iwan Setiawan, S.E., M.M, Komandan Guskamla Laksamana Pertama Singgih Sugiarto, S.T., M.Si., Pangkosek Marsma TNI Bonang Bayuaji, Kolonel Pnb I Ketut Adityasa Ambara mewakili Komandan Lanud Manuhua, Bupati Biak diwakili Asisten I Setda Biak Bapak Mahasunu, Ketua DPRD Kabupaten Biak Ibu Milka Rumaropen, Kajari Biak diwakili Ibu Rina, Kepala Kejaksaan Negeri Biak diwakili Chritian Isal Sanggalangi,S.H (Hakim Pengadilan Biak Numfor), serta Kapolres Biak AKBP Adi Tri Widiyanto SH., S.I.K.

Baca juga:  Lomba Pemilihan Busana Kebaya Etnik Terbaik

Upacara peringatan HUT Ke-76 TNI tahun 2021 berlangsung dari halaman Istana Negara Jakarta dengan Inspektur Upacara Presiden RI Bapak Ir. H. Joko Widodo, berjalan dengan hikmat dan menerapkan protokol kesehatan yang ketat. Turut hadir Ibu Iriana Joko Widodo, Wakil Presiden RI M. K.H. Ma’ruf Amin dan ibu Wuri Ma’ruf Amin, para pejabat negara setingkat Menteri, Menhan Prabowo Subianto, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo, serta Kepada Staf Angkatan Darat, Laut dan Udara.

Dalam sambutannya Presiden RI Ir. H. Joko Widodo mengucapakan selamat Hari Ulang Tahun kepada segenap prajurit TNI dan memberikan penghargaan yang setinggi-tinginya kepada jajaran TNI yang selalu menjadi penjaga utama kedaulatan bangsa dan negara, menjaga keutuhan wilayah NKRI berdasarkan Pancasila dan UUD 1945, serta melindungi bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia dari segala ancaman dan gangguan.

“Keberhasilan kita dalam memerangi Covid-19 saat ini, tidak terlepas dari peran besar dari TNI yang selalu menunjukkan profesionalisme dalam setiap penugasan, kemampuan perorangan dan kemampuan satuan, pemanfaatan ilmu pengetahuan dan teknologi termasuk alutsista, telah digunakan dan dikerahkan dalam menunaikan setiap tugas yang diberikan”, ujar Presiden Joko Widodo.

Baca juga:  DIKKUALSUS SUSPA ENGHAR DI DEPO 10 DITUTUP

Ditambahkan Presiden RI bahwa kesiapan dan kesigapan TNI ini juga saya minta untuk diefektifkan dalam menghadapi setiap spektrum ancaman yang lebih luas, seperti pelanggaran kedaulatan, pencurian kekayaan alam di laut, radikalisme, terorisme, ancaman cyber, ancaman biologi dan bencana alam.

“Menghadapi spektrum ancaman yang semakin luas, trasformasi pertahanan harus terus dilanjutkan, untuk menentukan pondasi bagi pembentukan kapabilitas pertahanan modern yang relevan dengan perkembangan teknologi militer terkini, sehingga TNI dapat bertransformasi menjadi kekuatan pertahanan Indonesia yang mampu berperan dalam lingkungan strategis, regional maupun global”, ujar Presiden.

“Penguatan budaya strategis Prajurit dan Perwira TNI, harus tetap menjadi pondasi utama transformasi pertahanan yaitu TNI yang manunggal dengan rakyat dengan sistem pertahanan keamanan rakyat semesta, yang defensive aktif dengan pertahanan berlapis, serta memanfaatkan lompatan teknologi militer dan investasi pertahanan yang terencana”.

“Moderniasasi pertahanan ini juga harus disertai dengan terobosan pengelolaan ekonomi dan investasi pertahanan, saya tegaskan kembali, kita harus bergeser dari kebijakan belanja pertahanan, menjadi kebijakan investasi pertahanan”, tegas Presiden RI Joko Widodo.

Baca juga:  Rangkaian Syukuran Peringatan ke-75 Hari TNI AU di Lanud RHF, dari Penganugerahan Penghargaan hingga Anjangsana

Selain upacara secara virtual yang diikuti oleh para pimpinan satuan TNI di wilayah Biak, Peringatan HUT Ke-76 TNI juga diikuti oleh seluruh personel Makoopsau III melalui saluran televisi dan live streaming, yang berlangsung di ruang Pandawa untuk perwira, sementara untuk Pama, Bintara dan Tamtama berlangsung di ruang Handrawina Makoopsau III.

WhatsApp Image 2021 10 05 at 14.02.17 1

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel