Berita

Upacara Peringatan HUT TNI ke-70 DIY

Dibaca: 17 Oleh 07 Okt 2015Tidak ada komentar
21722ef118dabb8b34f8ca385dddf40d
#TNIAU 

Menapaki usia yang ke-70 tahun, TNI bisa menggunakan momentum ini untuk mengingat kembali jati diri TNI sebagai Tentara Rakyat, Tentara Pejuang, Tentara Nasional dan Tentara Profesional.Demikianlah sambutan Presiden Republik Indonesia Ir. H. Joko Widodo yang dibacakan oleh Gubernur DIY pada upacara peringatan HUT TNI ke-70 di DIY dipusatkan di Lapangan Pengasih Kulonprogo, Senin (5/10).

Upacara peringatan Hari Ulang Tahun ke-70 TNI di Kulonprogo diikuti tak kurang dari 2000 personel tiga angkatan yaitu TNI AD, TNI AL dan TNI AU serta organisasi kemasyarakatan dan para pelajar. Bertindak selaku Inspektur Upacara adalah Gubernur DIY Sri Sultan Hamengkubuwono X sedangkan bertindak selaku Komandan Upacara adalah Letkol Inf Putra Widya Winaya yang sehari-hari berdinas sebagai Dandim Kebumen. Acara juga dimeriahkan dengan tari kolosal tradisional dari para seniman di daerah Kulonprogo serta Sosiodrama perjuangan Jendral Soedirman dan TNI melawan penjajahan Belanda.

Presiden Republik Indonesia dalam sambutan tertulis menegaskan bahwa Sejarah mencatat TNI dilahirkan dari “rahim” rakyat. Panglima Besar Jendral Soedirman menyatakan bahwa hubungan TNI dan rakyat adalah ibarat ikan dan air. Ikan tidak akan hidup tanpa air. Rakyatlah yang mengandung, merawat dan membesarkan TNI. Untuk itu TNI harus menegaskan jati diri sebagai tentara rakyat. Presiden juga menambahkan dalam darah TNI juga mengalir jati diri sebagai tentara pejuang. Sebagai tentara pejuang, TNI harus memiliki daya juang dan semangat pantang menyerah untuk mewujudkan Indonesia yang berdaulat, mandiri dan berkepribadian, tegasnya.

Baca juga:  PRAJURIT ATS ASAH KEMAMPUAN MENEMBAK

Upacara HUT TNI ke-70 di DIY dihadiri oleh Danrem 072/Pamungkas Brigjend TNI Stefanus Tri Mulyono, Kapolda DIY Brigjend Erwin, Wagub AAU Marsma TNI Wahyu A. Djaja, Ka Ruspau Dr Hardjolukito Marsma TNI dr. Benny Tumbelaka, Danlanal Yogyakarta Kolonel Laut/P Kartoli, para pejabat Muspida dan seluruh pejabat TNI se wilayah DIY.

Di tempat terpisah pelaksanaan Upacara HUT TNI secara intern juga dilaksanakan di Akademi Angkatan Udara dengan Inspektur Upacara Koordinator Dosen dan Instruktur AAU Kolonel Lek Sudarmin yang diikuti tak kurang dari 1000 orang peserta prajurit TNI AU dari personel Lanud Adisutjipto, AAU dan Ruspau Dr. Hardjolukito.

Sementara itu Anggota Lanud Adisutjipto juga memperkuat uapaca peringatan HUT TNI ke 70 yang juga di laksanakan oleh Kodam IV/Diponegoro yang di;laksanakan di Batalyon Kavaleri 2/Tank Ambarawa. Lanud dalam hal ini mengerahkan sebanyak 100 an anggota terdiri dari perwira, Bintara, Tamtama dan PNS. Upacara HUT TNI ke 70 dipimpin oleh Komandan Komando Daerah militer IV/ Diponegoro Mayjen TNI Jaswandi.

Baca juga:  POSKO TANGGAP DARURAT BENCANA ASAP PROVINSI RIAU DI PANGKALAN TNI AU ROESMIN NURJADIN

Peringatan HUT TNI tahun 2015 ini bertemakan “ Bersama Rakyat TNI Kuat, Hebat, Profesional Siap Mewujudkan Indonesia yang Berdaulat, Mandiri dan Berkepribadian” Semoga dengan semangat ini, niscaya berpengaruh positif terhadap pola pikir dan pola tindak TNI, sebab bersama rakyat TNI akan menjadi satu kekuatan yang sangat dasyat untuk berkarya secara nyata bagi bangsa dan negara Republik Indonesia. “DIRGAHAYU TENTARA NASIONAL INDONESIA”.

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel