Berita

Upacara Peringatan ke-65 Hari Angkatan Udara

Dibaca: 6 Oleh 11 Apr 2011Tidak ada komentar
emb 314
#TNIAU 

Margahayu-Bandung (9/4) Hari Angkatan Udara tanggal 9 April merupakan saat yang tepat untuk menggali kembali semangat dan dedikasi para pejuang dan pendahulu Angkatan Udara dalam upaya mempertahankan kemerdekaan, yang implementasinya sangat relevan untuk eksistensi TNI Angkatan Udara masa sekarang maupun di masa mendatang. 

Demikian sambutan Kepala Staf Angkatan Udara ( KSAU ) Marsekal TNI Imam Sufaat, S.I.P yang dibacakan oleh Wakil Komandan Sekolah Staf Komando Angkatan Udara (WadanSeskoau) Marsma TNI Madar Sahib saat bertindak sebagai Inspektur Upacara pada peringatan ke-65 hari Angkatan Udara yang dilaksanakan di lapangan Appron Lanud Sulaiman. Upacara tersebut diikuti oleh seluruh pasukan upacara yang tergabung dalam Bakorda Bandung baik untuk peleton pamen, pama, bintara, tamtama maupun PNS. 

Tanggal 9 April pada hakikatnya merupakan momen historis bagi TNI Angkatan Udara, karena pada tanggal tersebut 65 tahun lalu, telah dilaksanakan peningkatan TKR Jawatan Penerbangan menjadi Tentara Republik Indonesia Angkatan Udara melalui Penetapan Pemerintah Nomor : 6/SD tahun 1946 tertanggal 9 April 1946. Benang merah yang dapat kita ambil dari pengalaman dan peristiwa yang dialami para Pelopor, Sesepuh dan Pendahulu Angkatan Udara, adalah semangat pantang menyerah dan dedikasi tinggi sebagai salah satu komponen bangsa yang rela berkorban untuk tanah airnya

Baca juga:  Kasau Tinjau Latihan Jupiter Aerobatik Team Jelang Tampil di Singapore Air Show

Tema peringatan Hari Angkatan Udara kali ini yaitu, “Dengan Profesionalisme dan Motivasi yang Tinggi serta Dedikasi Satuan, Kita Wujudkan Angkatan Udara yang Lebih Baik Guna Menjaga Kedaulatan Negara di Udara dan Keutuhan NKRI, saya nilai sangat tepat. “ Tema ini merupakan tekad kita bersama yang hendaknya senantiasa menjadi sumber inspirasi bagi setiap prajurit TNI Angkatan Udara dalam melaksanakan tugasnya,” demikian pernyataan KSAU dalam sambutannya yang dibacakan Dankoharmatau.

Dalam sambutannya KSAU menyampaikan lima hal yang harus dipedomani dalam menjalankan tugas. Pertama, Tingkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa, sebagai dasar insan Swa Bhuwana Paksa dalam mengabdi kepada bangsa dan negara. Kedua, Tingkatkan soliditas sesama anggota Angkatan Udara, TNI, Polri, dan masyarakat.

Ketiga, Tingkatkan kepekaan terhadap perkembangan situasi dan kondisi lingkungan di sekitar satuan jajaran agar dampak negatif yang ditimbulkan oleh lingkungan dapat dicegah secara dini. Keempat, Tingkatkan penguasaan terhadap teknologi, taatilah aturan hukum dan Hak Asasi Manusia dalam setiap pelaksanaan tugas serta perhatikan faktor keselamatan terbang dan kerja. Kelima, Laksanakan setiap tugas secara profesional dengan penuh disiplin, tanggung jawab dan senantiasa tetap berpegang teguh pada Sapta Marga, Sumpah Prajurit, dan 8 Wajib TNI.

Baca juga:  Pemeriksaan Casis Taruna Panda Lanud Manuhua

Upacara peringatan ke-65 hari Angkatan Udara yang dilaksanakan di Appron Lanud Sulaiman dihadiri oleh para pejabat perwira tinggi di lingkungan TNI Angkatan Udara Bakorda Bandung, Kasgartab III Bandung Cimahi Marsma TNI Wahyudin, DanKodiklat, Kapolres Bandung dan para sesepuh. Pada acara tersebut juga diberikan satya lencana kesetiaan 8 tahun, 16 tahun dan 24 tahun.

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel