Berita

Upacara Peringatan ke-66 HUT Kodikau di Lanud Sulaiman

Dibaca: 8 Oleh 15 Nov 2011Tidak ada komentar
M 458 NA B 25 Mitchell Indonesian Airforce 7168661149
#TNIAU 

Peringatan hari ulang tahun ke-66 Kodikau tahun 2011 kali ini mengangkat tema ”Dengan Profesionalisme, Motivasi, dan Dedikasi yang Tinggi, Kodikau Siap Mewujudkan Sumber Daya Manusia TNI AU yang Handal, Bermoral Sebagai Penjaga Kedaulatan Negara di Udara dan Keutuhan NKRI”.

”Hakekat memperingati hari ulang tahun adalah sebagai sarana kontemplasi, introspeksi maupun evaluasi terhadap tugas yang telah dilakukan, untuk kemudian menerapkan langkah positif dan strategis baru guna mencapai keberhasilan yang lebih baik di masa kini dan di masa depan.” Demikian KSAU Marsekal TNI Imam Sufa’at, S.I.P, dalam sambutannya yang dibacakan oleh Komandan Lanud Sulaiman, Kolonel Pnb Elianto Susetio, S.I.P selaku Inspektur Upacara pada peringatan hari ulang tahun ke-66 Kodikau yang dilaksanakan di Lapangan Apel Staf II Lanud Sulaiman, Bandung, Selasa (15/11).

Kualitas hasil didik, selain ditentukan dari sejauh mana kualitas metode, sistem maupun instrukturnya dalam proses mengajar, juga ditentukan dari kualitas personel yang akan dididik, baik dalam aspek intelegensi, kepribadian yang dilandasi moral dan etika yang baik serta kesehatan jasmani yang prima. ”Regenerasi prajurit TNI Angkatan Udara adalah suatu kepastian yang kehadirannya tidak dapat dicegah karena bersifat alamiah. Untuk itu, kodikau harus merasa tertantang memberikan kontribusinya dalam membentuk kader-kader prajurit yang tangguh dan berkualitas,” kata Danlanud saat membacakan amanat KSAU.

Baca juga:  PANGLIMA TNI : TIDAK ADA PRAJURIT TNI YANG BLOK-BLOKAN TERHADAP ALIRAN POLITIK APAPUN

Lebih lanjut KSAU menyatakan bahwa TNI Angkatan Udara senantiasa concern dengan lembaga pendidikan yang merupakan wadah transfer of knowledge bagi prajurit Angkatan Udara sehingga regenerasi tetap berjalan. Menurutnya bahwa dalam proses pendidikan, faktor lingkungan memiliki pengaruh yang cukup signifikan sehingga berdampak pada mentalitas, sikap, dan karakter para prajurit. Kodikau dan jajarannya harus memahami dan mengantisipasi faktor tersebut. Untuk itu, harus berani melangkah dengan meninggalkan metode maupun sistem yang mengakibatkan stagnasi dalam proses belajar mengajar sehingga hasil didik kurang berkualitas.

Ditegaskan bahwa kodikau memiliki peran yang sangat strategis dalam pembentukan sumber daya manusia TNI Angkatan Udara di masa kini dan di masa depan. Sebagai hulu dari proses pembentukan prajurit Angkatan Udara yang berkualitas, Kodikau harus mampu berbuat banyak dengan menerapkan berbagai metode maupun sistem pendidikan. Realitas di lapangan menunjukkan bahwa kodikau dalam menjalankan tugasnya telah menorehkan prestasi yang pantas dibanggakan, baik sebagai lembaga pendidikan pembentukan, pengembangan, spesialisasi maupun peralihan. Hal ini membutuhkan kontribusi yang nyata bagi dinamika pertumbuhan dan perkembangan Angkatan Udara.

Baca juga:  Danlanud Abd : “Pengurus Koperasi Harus Benar-Benar Mau Bekerja Keras dan Profesional”

 

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel