Berita

Upacara Peringatan Ke-71 Hari Bakti TNI AU di Lanud Haluoleo

Dibaca: 16 Oleh 30 Jul 2018Tidak ada komentar
Upacara Peringatan Ke-71 Hari Bakti TNI AU di Lanud Haluoleo
#TNIAU 

TNI AU. Pada 71 tahun silam, tepatnya tanggal 29 Juli 1947 telah terjadi peristiwa heroik yang menorehkan tinta emas dalam perjalanan pengabdian TNI AU yakni serangan udara pada pagi hari, yang dilaksanakan oleh Kadet Penerbang Mulyono, Sutarjo Sigit, dan Suharnoko Harbani, dengan perlengkapan seadanya, ditujukan terhadap kedudukan Belanda di Semarang, Ambarawa dan Salatiga.

Serangan ini merupakan kegiatan penerbangan pertama kali dan menjadi cikal bakal operasi udara TNI AU, dimana peristiwa tersebut telah memberi kejutan yang sangat besar bagi khalayak dunia, khususnya pihak Belanda yang mengira bahwa Indonesia saat itu belum sedikitpun memiliki kekuatan udara. Keberhasilan yang diraih tersebut harus dibayar mahal. Belanda yang langsung melaksanakan serangan balasan dengan membabi- buta, telah menembak jatuh pesawat Dakota VT-CLA yang sedang melaksanakan penerbangan dalam misi kemanusiaan, sehingga mengakibatkan gugurnya putra-putra terbaik bangsa, para pelopor dan perintis TNI Angkatan Udara yaitu Alm Komodor Muda Udara Agustinus Adisutjipto, Komodor Muda Udara Prof. DR. Abdulrachman Saleh dan Opsir Muda Udara Adisoemarmo. Demikian sebagian sambutan Kepala Staf Angkatan Udara Marsekal TNI Yuyu Sutisna, S.E.,M.M. pada Upacara Peringatan ke-71 Hari Bakti TNI Angkatan Udara, yang dibacakan oleh Danlanud Haluoleo Kolonel Pnb Nana Resmana, S.M. yang bertindak selaku Inspektur Upacara pada Hari Minggu 29 Juli 2018 yang diikuti oleh seluruh anggota Lanud Haluoleo dan satu peleton anggota Saka Dirgantara Lanud Haluoleo.

Baca juga:  Kasau: Fesdita Cetak Generasi Berwawasan Kedirgantaraan

Upacara tersebut dihadiri oleh Ketua PIA Ardhya Garini Cabang 9/D II Lanud Haluoleo Ny. Ningsih Nana Resmana beserta pengurus, PPAU dan P3AU Lanud Haluoleo.

Kegiatan upacara tersebut diikuti dengan hikmat oleh seluruh peserta upacara, setelah kegiatan upacara dilanjutkan dengan pemberian tali asih kepada anggota PPAU dan dilaksanakan demonstrasi pesawat aeromodeling oleh anggota Saka Dirgantara Lanud Haluoleo.

IMG-20180729-WA0048

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel