TNI AU - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Udara

Upacara Peringatan Ke-72 Hari Jadi TNI AU di Lanud Suryadarma

By 09 Apr 2018Berita
1

TNI AU. Seluruh anggota Lanud Suryadarma dan Wingdiktekkal serta para pelajar SMK Angkasa Lanud Suryadarma mengikuti upacara Peringatan ke-72 Hari Ulang Tahun TNI Angkatan Udara, yang pimpin oleh Komandan Wing 8 Lanud Suryadarma Kolonel Pnb Suliono sebagai inspektur upacara yang dilaksanakan di lapangan Dirgantara Lanud Suryadarma Kalijati Subang. Senin (9/4).

Dalam amanatnya Kepala Staf Angkatan Udara (Kasau) Marsekal TNI Yuyu Sutisna yang disampaikan Danwing 8 Lanud Suryadarma mengatakan momentum peringatan Hari Jadi Angkatan Udara, pada hakekatnya merupakan upaya pelestarian nilai-nilai historis perjuangan pengabdian Angkatan Udara sejak awal kelahirannya, sehingga ingatan kita selalu kembali kepada jasa para pahlawan, khususnya para perintis dan pendahulu Angkatan Udara.

“Oleh karena itu, setiap tanggal 9 April merupakan saat yang tepat untuk terus menggali semangat pengabdian, pantang menyerah dan dedikasi tinggi para pejuang, pelopor, sesepuh dan senior Angkatan Udara yang telah meletakkan dasar-dasar organisasi pertahanan negara di udara, yang implementasinya sangat relevan bagi keberadaan TNI AU di masa lalu, masa sekarang dan masa mendatang” ungkapnya.

Lebih lanjut dikatakan bahwa perkembangan lingkungan strategis serta pesatnya kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi kedirgantaraan, memicu munculnya bentuk ancaman baru dalam tatanan kehidupan berbangsa dan bernegara serta hubungan antar negara seakan tanpa batas, menyebabkan tantangan yang dihadapi Angkatan Udara ke depan semakin berat.

Mengantisipasi berbagai tantangan terhadap dinamika tersebut, TNI Angkatan Udara harus memiliki kemauan, tekad dan komitmen untuk dapat mewujudkan hasil yang optimal dengan kekuatan dan kemampuan TNI AU yang dimiliki saat ini. Harus disadari, bahwa menjaga kondisi alat utama sistem senjata udara agar tetap siap operasional, tentu bukan masalah yang mudah, karena berkaitan dengan kesiapan seluruh komponen angkatan udara, yang berupa kesiapan personel, alutsista, pangkalan udara, fasilitas dan sarana lainnya serta ketersediaan anggaran.

“Oleh karena itu, kepada seluruh personel Angkatan Udara, dalam melaksanakan tugas agar membuat perencanaan yang baik, saling bersinergi dan bekerjasama dengan segenap komponen bangsa dan rakyat untuk menyelesaikan tugas-tugas yang diberikan. Tunjukkan bahwa personel TNI Angkatan Udara adalah insan dirgantara yang mengerti dan memahami akan tugas serta tanggung jawabnya dalam menjaga pertahanan negara di udara” tegas Kasau..

Melalui Danwing 8 Lanud Suryadarma, Kasau mengatakan bahwa mencermati perkembangan situasi politik di tanah air saat ini, saya tekankan kepada seluruh anggota TNI AU agar tidak terlibat dalam politik praktis serta menjaga netralitas TNI dalam proses pilkada dan pemilu.” Implementasi sikap netralitas ini, diwujudkan dengan tidak memihak salah satu calon atau partai politik peserta pemilu, baik langsung atau tidak langsung maupun penggunaan sarana kedinasan untuk kegiatan pilkada atau pemilu”.  Tambah Kasau Dalam amanatnya

Kasau juga menegaskan bahwa selaku penegak kedaulatan negara di udara, TNI AU menghadapi berbagai tantangan dan kendala, namun demikian kita tetap berupaya untuk membangun kekuatan baik personel, alutsista maupun organisasi dalam rangka menuju postur kekuatan yang ideal. Dalam konteks berbagai tantangan dan harapan tersebut, maka tema pada peringatan hut ke-72 TNI Angkatan Udara, yaitu ”Dilandasi Jiwa Ksatria, Militan, Loyal, Profesional dan Modern, TNI AU siap menjaga kedaulatan dan keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia”, saya nilai sangat tepat, karena tema ini merupakan tekad kita bersama dan menjadi sumber inspirasi bagi seluruh anggota TNI AU dalam melaksanakan tugas” Tegas Kasau.

Usai upacara kemudian dilanjutkan dengan penyerahan piala kejuaraan olahraga antar satuan TNI AU yang berada di Kalijati Subang dan penyerahan Piala Bergilir Komandan Lanud Suryadarma yang saat kegiatan ini dipegang oleh Wingdiktekkal yang sebelumnya di pegang oleh Skadron Udara 7 Lanud Suryadarma.

Hadir dalam upacara peringatan ke-72 Hari jadi TNI AU para Plt Bupati Subang H. Ating Rusnatim, Ketua DPRD Kabupaten Subang Ir Beni, para Forkopinda Kabupaten Subang, Kepala Dinas Lanud Suryadarma dan Wingdiktekkal, Para pejabat Lanud dan Wingdiktekkal, ibu-ibu PIA AG Bakorcab Kalijati, dan Persatuan Purnawirawan Angkatan Udara(PPAU).

Leave a Reply

Verifikasi CAPTCHA *

Upacara Peringatan Ke-72 Hari Jadi TNI AU di Lanud Suryadarma