Berita

Upacara Puncak HUT TNI ke-70 di Sulawesi Utara

Dibaca: 24 Oleh 07 Okt 2015Tidak ada komentar
Museum Pusat TNI Angkatan Udara Dirgantara Mandala
#TNIAU 

Sekitar 1.153 personel Lanud Sam Ratulangi, Lantamal VII/Manado, Korem 131/Santiago dan Polda Sulut melaksanakan upacara dalam rangka HUT TNI ke-70 yang digelar di lapangan Mega Mas Manado. Senin, (5/10) bertindak selaku inspektur upacara penjabat Gubernur Sulawesi Utara Dr. Soni Sumarsono MDM, dan komandan upacara Mayor Marinir Istepanus Ginting yang sehari-hari menjabat Danyon Marinir.

Dalam sambutan Presiden RI yang dibacakan oleh Penjabat Gubernur Sulut disampaikan ucapan selamat Hari Ulang Tahun kepada segenap anggota dan keluarga besar Tentara Nasional Indonesia dimanapun berada dan bertugas, serta ucapan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada anggota TNI yang dengan penuh kesungguhan bertugas di daerah pedalaman, di wilayah perbatasan, di wilayah terpencil, di pulau-pulau terdepan, serta para prajurit TNI yang saat ini bahu membahu memadamkan api kebakaran hutan dan lahan. Saudara-saudara telah dan sedang melaksanakan tugas yang mulia, terhormat dan membanggakan bagi bangsa dan negara.

Selanjutnya, dikatakan dalam menapaki usia yang ke-70 tahun, TNI dapat menggunakan momentum ini untuk mengingat kembali jati diri TNI sebagai Tentara Rakyat, Tentara Pejuang, Tentara Nasional dan Tentara Profesional. Untuk itu, dengan tema HUT TNI ke-70, yaitu “Bersama Rakyat TNI Kuat, Hebat, Profesional Siap Mewujudkan Indonesia yang Berdaulat, Mandiri dan Berkepribadian”, dianggap sangat relevan dan memotivasi perjalanan TNI kedepan.

Baca juga:  Denmatra 2 Paskhas Latihan Menmbak dengan Thermal Weapon Sight, NVG & IR Laser

Usai pelaksanaan upacara, dilanjutkan dengan beberapa atraksi yang menegangkan yang diperankan oleh tiga matra. TNI AD menerjunkan pasukan Raider 712 dengan demonstrasi pembebasan tawanan dan bela diri yongmoodo, juga ada drama kolosal perjuangan di perankan Korem 131/Santiago. Sementara TNI AL memperagakan kolaborasi senam perahu karet, bela diri militer dan rampak bedug yang dilakoni Batalyon Marinir. Sedangkan TNI AU sendiri selaku panitia pelaksana, siap meramaikan langit Manado dengan menyajikan atraksi aeromodeling yang dimainkan oleh personel Lanud Sam Ratulangi bersama dengan Manado Aeromodeling Club.

Kegiatan dilanjutkan dengan Defile dari peserta upacara, dengan komandan defile Mayor infantri M. Zia Ulhaq, melaksanakan langkah tegap berjalan melintasi depan panggung utama dan memberikan penghormatan kepada inspektur upacara juga pejabat TNI Polri. Akhir dari rangkaian kegiatan dilaksanakan acara syukuran potong tumpeng juga malam panggung prajurit.

Hadir pada upacara tersebut penjabat Gubernur Sulut, Ketua Deprov Sulut, Danrem 131/Stg, Wadanlantamal VIII Manado, Danlanud Sam Ratulangi Kolonel Pnb. Djoko Tjahjono SE, selaku ketua panitia HUT TNI ke – 70 di wilayah Sulut, kepala BNNP Sulut, Kejati Sulut, Kapolda Sulut, Konjen Filipina, serta pejabat lembaga pemerintahan.

Baca juga:  KSAU Marsekal TNI Yuyu Sutisna Meninjau Latihan Jalak Sakti 2019

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel