TNI AU - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Udara

Usung Energi Baru dan Terbarukan, Kuker Sekkau A-105 Kunjungi Kementrian ESDM

By 27 Feb 2019 Berita
1._Sambutan_Dansekkau

TNI AU.  Sebanyak 73 Perwira Siswa Sekkau Angkatan ke-105 didampingi pejabat dan Patun Sekkau serta para pendukung  melaksanakan Kuliah Kerja (Kuker) Pasis Sekkau Angkatan ke-105 selama 4 hari kerja dengan mengunjungi beberapa tempat sebagai objek penelitian.

Mengangkat tema ”Pemanfaatan Energi Baru dan Terbarukan Sebagai Komponen Pendukung Dalam Penyelenggaraan Pertahanan Negara”, Kuker Pasis Sekkau Angkatan ke-105 dipimpin oleh Komandan Sekkau, Kolonel Pnb Esron S.B. Sinaga, S.SOS., MA., mengadakan kunjungan sebagai sarana penggalian data di wilayah Jakarta, dan Palembang.

Sebagai hari pertama dilaksanakannya Kuliah Kerja, rombongan Kuker mengunjungi Direktorat Jenderal (Dirjen) Energi Baru dan Terbarukan Konversi Energi (EBTKE) Kementrian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM).

Kedatangan rombongan Sekkau diiterima Direktur Jenderal (Dirjen) Energi Baru dan Terbarukan Konversi Energi Kementerian ESDM, Bapak Ir. F.X. Sutijastoto, MA., didampingi Sekretaris Dirjen, Dirjen Panas Bumi, Dirjen Pembangunan Instruktur, dan Dirjen Bioenergi.

Pada kesempatan itu, Dirjen EBTKE menyampaikan rasa bangga juga apresiasi  atas pengusungan Energi Baru dan Terbarukan dalam kuliah kerja pasis Sekkau A-105 kali ini, dilanjutkan dengan paparan.

Sementara Komandan Sekkau menjelaskan maksud kedatangan rombongan Sekkau yang merupakan pelaksanaan kurikulum pendidikan Sekkau, serta menyampaikan alasan pengusungan tema tentang Energi Baru dan Terbarukan dalam Kuker.

Disampaikan Dansekkau, alasan pemilihan tema karena melihat ketidak seimbangan permintaan dan penawaran energi yang didorong pesatnya laju pertambahan penduduk (bonus demografi) dan pesatnya industrialisasi dunia mengakibatkan terkurasnya cadangan energi dalam jumlah besar, khususnya energi fosil yang merupakan sumber energi utama dunia.  Hal ini dapat menyebabkan banyak negara termasuk Indonesia rentan terhadap resiko terjadinya krisis energi yang berdampak pada terganggunya Stabilitas Keamanan Nasional serta Kedaulatan Negara yang mutlak harus dipertahankan oleh segenap Komponen Nasional.

Diharapkan, melalui kunjungan ini para pasis mendapatkan data, informasi juga keterangan sesuai tema diusung, untuk selanjutnya diseminarkan dan disampaikan kepada pimpinan TNI/TNI AU maupun kesatuan/instansi yang dikunjungi sebagai masukan yang bermanfaat bagi pembangunan dan pelaksanaan tugas dimasa mendatang.

Kirim Komentar/Pertanyaan

Usung Energi Baru dan Terbarukan, Kuker Sekkau A-105 Kunjungi Kementrian ESDM