Berita

Utamakan Safety Dalam Menembak

Dibaca: 80 Oleh 14 Mar 2015Tidak ada komentar
9b842766a265b99c2bf19666b186f743
#TNIAU 

Pangkalan Udara Sultan Iskandar Muda (SIM) Siap,Waspada dan Siaga dalam menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) Menjadi hal yang paling utama bagi TNI khususnya TNI Angkatan Udara dimanapun berada, Hal ini di tunjukan dengan di laksanakannya latihan menembak bagi seluruh anggota militer TNI Angkatan Udara Lanud Sultan Iskandar Muda.  

Upaya meningkatkan ketrampilan profesionalitas dan militansi personel Lanud SIM sebagai Prajurit TNI dalam melaksanakan tugas sebagai Pangkalan Operasi di jajaran Koopsau I, khususnya dalam penguasaan senjata api. Jum’at (13/3) laksanakan gelar pembinaan personel kearah yang lebih berkualitas yang tidak hanya dilakukan perkwartal saja akan tetapi harus dilakukan sampai ketingkat mendasar, mulai dari kemampuan berkelompok sampai kemampuan perorangan, salah satunya latihan menembak yang merupakan program kerja Lanud SIM Tahun Anggaran 2015 yang dilaksanakan oleh Dinas Operasi di bidang Operasi dan Latihan (Opslat) yang dilaksanakan di lapangan tembak Lanud Sultan Iskandar Muda.

Latihan menembak yang sudah dijadwalkan oleh KasiOpslat Lanud SIM Mayor Lek Agus Setiyawan, A.Md sebelum melaksanakan menembak menyampaikan bahwa dalam latihan menembak yang paling utama adalah safety (keamanan), guna untuk keselamatan regu atau perorangan guna meningkatkan keterampilan setiap personel didalam menguasai tentang penggunaan senjata, baik laras panjang maupun laras pendek. tambah Kasi Senjata Mayor Tek Yunan Fahruddin, A.Md menyampaikan tentang peraturan yang harus ditaati dalam kegiatan menembak guna menjaga Safety senjata SS 1 buatan Pindad dengan jarak 100 meter, Amunisi yang digunakan berjumlah 18 butir peluru tajam 3 butir peluru sebagai percobaan, 15 butir peluru sebagai perkenaan.

Baca juga:  DANLANUD PADANG BERSAMA WALIKOTA PADANG BUKA TURNAMEN SEPAK BOLA

Adapun sikap tembak dibagi menjadi tiga sikap tiarap,duduk dan pilih sedangkan Pistol mengunakan Glok serta Pistol P2 dengan jarak 15 meter, Amunisi yang digunakan 10 butir peluru tajam sebagai perkenaan dan 3 butih tambahan sebagai percobaan juga dibutuhkan ketenangan dan peremasan telunjuk pada picu senjata agar peluru yang ditembakan tepat sasaran.

Komandan Lanud Sultan Iskandar Muda Kolonel Pnb Basuki Rochmat. selaku penanggung jawab latihan menjelaskan dalam melaksanakan latihan dan penguasaan senjata diharapkan semaksimal mungkin sehingga hasilnya sesuai sasaran dan dapat diaplikasikan ketika diperlukan dilapangan senjata yang di pergunakan laras panjang dan laras pendek, yaitu SS 1 (Senjata serbu) SO RPD (Senjata Otomatis) dan pistol Glok serta Pistol P2.

Dalam sedikit pesan Komandan Lanud Sultan Iskandar Muda kepada Pa,Ba,Ta,Pns dan dua Wara Srikandi TNI AU Lanud SIM sebelum melaksanakan menembak menjelaskan kepada seluruh-nya yang mengikuti latihan menembak, agar didalam pelaksanaan-nya dilaksanakan secara serius dengan selalu mengutakan safety. Danlanud juga memberikan Spirit dan berjanji kepada seluruh peserta latihan menembak laras panjang dan laras pendek, Siapa yang mampu meraih nilai tertinggi dalam latihan ini akan diberikan bonus hadiah “ujar Danlanud”.

Baca juga:  Wadan Seskoau Inspektur Upacara 17 November di Seskoau

Latihan menembak tersebut secara rutin dilaksanakan setiap triwulan yang sesuai dengan program kerja Lanud Sultan Iskandar Muda bidang operasi, sebagai salah satu upaya untuk membina personel dalam meningkatkan kemampuan ketrampilan serta kemahiran dalam penggunaan senjata api dimanapun bertugas.

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel