Berita

Vaksinasi Difteri bagi anggota Makoopsau I

Dibaca: 51 Oleh 31 Jan 2018Tidak ada komentar
Vaksinasi Difteri bagi anggota Makoopsau I
#TNIAU 

TNI AU. Satuan Kesehatan Makoopsau I, seusai kegiatan olah raga pagi memberikan imunisasi vaksin Difteri kepada seluruh Prajurit dan Aparatur Sipil Negara yang berlangsung di gedung Rusmin Nurjadin Makoopsau I dengan jumlah pasien lebih kurang 280 orang, Selasa (30/1). Vaksinasi bagi anggota ini merupakan program kerja rutin Koopsau I dalam rangka memberikan pelayanan kesehatan bagi anggota dengan bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Mabesau.

Menurut keterangan dari Dr. Ratih, salah satu dokter Satkes Denma Koopsau I, bahwa Vaksinasi Td (Toksoid Difteri) merupakan vaksin yang memiliki kandungan toksoid difteri dengan dosis lebih rendah sepersepuluh dari vaksin DT yaitu Difteri 2f, sedangkan kandungan toksoid tetanus berjumlah sama 7,5 lf, dengan ukuran 0,5 ml serta memiliki manfaat untuk memberikan proteksi terhadap penyakit Difteri dan Tetanus.

Selanjutnya Panglima Koopsau I, menjelaskan bahwa pemberian imunisasi ini merupakan salah satu pelayanan kesehatan terhadap anggota untuk mencegah penyakit Difteri yang saat ini sudah mewabah dan ditetapkan sebagai Kejadian Luar Biasa (KLB).  “Penyuntikan vaksin ini sangat penting agar seluruh anggota tercegah dari penyakit yang membahayakan”, tegas Panglima.

Baca juga:  Menyambut Hari Jadi Ke 188 Kabupaten Purbalingga, Lanud J.B. Soedirman Gotong Royong Bersama Warga

Gejala penyakit Difteri biasanya ditandai dengan sakit tekak dan demam secara tiba-tiba, disertai tumbuhnya membran kelabu yang menutupi tonsil serta saluran pernapasan. Penyakit Difteri sangat mudah menular, melalui liur, uap air, barang-barang yang tercemar bakteri, kontak erat dengan penderita. “Pemberian vaksinasi Difteri kepada seluruh anggota Makoopsau I ini merupakan upaya preventif yang mampu memutus mata rantai penularan penyakit dilingkungan masyarakat baik di lingkungan perkantoran maupun lingkungan perumahan prajurit”, tutrur Dr. Ratih.

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel