Berita

VO2 Max Maksimal, Kerja Optimal

Dibaca: 78 Oleh 18 Mei 2010Tidak ada komentar
P-51 Mustang, Perintis Tim Aerobatik TNI Angkatan Udara
#TNIAU 

Latihan fisik yang tepat dan teratur sangat diperlukan bagi setiap penerbang, apalagi para penerbang tempur yang bertugas di Lanud Iswahjudi. Hal ini dimaksudkan untuk mempertahankan dan menghasilkan kemampuan fisik yang prima, sehingga para penerbang tempur tetap mampu melaksanakan tugas dengan baik tanpa mengalami kelelahan yang berarti. Demikian disampaikan Kasibinjaskemil, Dinas Personel Lanud Iswahjudi, Mayor Kes Wahyudi pada briefing pagi rutin di Rupat Teddy Kustari, Rabu (4/11).

 

Manfaat yang diperoleh dari latihan kesemaptaan adalah meningkatnya kebugaran dan VO2 Max (peningkatan daya tahan paru dan jantung yang dicapai melalui peningkatan tenaga aerobik maksimal) yang dilakukan dengan cara latihan jasmani yang diatur secara sistematis untuk dilaksanakan dalam periode waktu yang tepat dengan beban latihan sesuai dengan kondisi tubuh, agar mengalami perubahan yang menguntungkan bagi kesehatan.

 

Dengan demikian, untuk mencapai kondisi yang diinginkan diperlukan peningkatan dan pengembangan kemampuan organ tubuh, biologis yang akan berpengaruh terhadap bentuk postur tubuh serta unsur-unsur kesemaptaan jasmani. Disamping itu terus melatih dan meningkatkan koordinasi antar organ-organ tubuh seperti organ mata dengan organ gerak (tangan/kaki).

Baca juga:  Lanud Had Gelar Serbuan Vaksinasi Covid-19

 

Diakhir paparannya Mayor Kes Wahyudi mengingatkan, agar latihan yang dilakukan tidak mengakibatkan dampak fatal bagi tubuh, maka latihan segera dihentikan apabila badan terasa lemas, muka pucat, keringat berlebihan, sakit kepala, mual, penglihatan kabur, kesadaran menurun, tekanan darah tidak stabil, sesak nafas serta otot nyeri dan terasa kejang.

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel