Berita

Wadankodikau: Jadilah Pemimpin Yang Berkarakter

Dibaca: 13 Oleh 24 Mei 2016Tidak ada komentar
Museum Pusat TNI Angkatan Udara Dirgantara Mandala
#TNIAU 

“Jadilah pemimpi yang berkarakter sebagai teladan bagi anggotanya dalam rangka mencapai tujuan bersama,” ujar Wadankodikau Marsma TNI Dr. Agus Sudarya, S.E., S.H., M.M., M.Sc., saat membuka acara ceramah bintal fungsi komando di Wingdikum, Bogor. Senin (23/5). Menurutnya sifat seorang pemimpin tidak dapat diciptakan namun dapat ditimbulkan, karena tidak ada seorangpun diangggap sebagai pemimpin hingga diangkat atau disahkan dalam pikiran dan hati anak buahnya.

Lanjut dikatakan, anggota merasa memiliki pemimpin ketika seorang pemimpin itu memiliki visi kedepan, sehingga mampu menetapkan, menjabarkan, menformulasikan dan mengkomunikasikan tujuan kepada anggotanya. “Salah satu karakter kuat yang harus dimiliki seorang pemimpin antara lain kerja keras, kerja cerdas dan kerja tuntas,” katanya. Dijelaskan bahwa kerja keras perlu mengerahkan kemampuan sampai pada batasnya dalam pekerjaan itu, kerja cerdas berarti bekerja secara efektif-efisien dengan perencanaan yang matang dan kerja tuntas berarti kerjakan hingga selesai baru beralih ke pekerjaan lainnya.

Dalam hal kepemimpinan TNI, lanjutnya, pondasi kuat beralaskan Sapta Marga, Sumpah Prajurit, Delapan Wajib TNI, Sebelas Azas Kepemimpinan dan Kode Etik Perwira. “Hal ini perlu ditanamkan sejak dini mengingat tantangan kedepan lebih bervariasi yang mampu mengancam keutuhan NKRI,” tegasnya sekaligus mengatakan bahwa setiap pribadi adalah pemimpin bagi dirinya sendiri, sehingga pondasi ini jangan dijadikan semboyan melainkan aktualisasi nyata di lapangan.

Baca juga:  Yasarini Cabang Lanud Soewondo Gelar Expo Angkasa 2018

“Perlunya membangun nilai kejuangan atas dasar Pancasila dan UUD 1945 yang didukung kesadaran nasional, rasa bhineka tunggal ika dan cita-cita nasional,” katanya. Pada akhirnya, ungkap Wadankodikau, semua harus memahami bahwa dunia mliter dengan segala hierarki dan strukturisasinya tetap harus adaptif dengan segala perubahan yang terjadi. “Pemimpin militer sebagai pilar utama tegaknya jati diri keprajuritan dituntut dapat menjaga nilai-nilai ini agar tetap solid,” tegasnya.

Pada kesempatan yang sama Danwingdikum Kolonel Pnb Zulfahmi, S.Sos., mengucapkan terima kasih atas kedatangan Wadankodikau dan memberikan ceramah bintal fungsi komando perihal pemimpin yang berkarakter. “Pengarahan Wadankodikau sangat mengena dan relevan dengan situasi kondisi yang dihadapi saat ini, dimana tantangan kedepan cukup bervariasi sehingga perlu bagi kita semua menguatkan pondasi yang ada,” katanya sekaligus menghimbau kepada seluruh anggota Wingdikum untuk intropeksi dan evaluasi diri pribadi agar mampu menjawab tantangan di masa mendatang.

Usai ceramah, Wadankodikau, Dirlog Kodikau Kolonel Tek Made Radar, Kaku Kodikau Kolonel Adm Indra Prasetyana didampingi Danwingdikum, Kadisopsdik Wingdikum Letkol Adm Cuk Hendradinata, Kadislog Wingdikum Letkol Kal Pander E. Sianpar, Danskadik 503 Wingdikum Letkol Adm Widiono Hadiwijaya serta Danskadik 501 Wingdikum Letkol Adm Bayu Susilo mengunjungi Ruang Laboratorium Meteorologi dan Mess Wara Skadik 503 Wingdikum yang sedang direnovasi.

Baca juga:  Kadisadaau: Pergantian Jabatan Sebagai Upaya Peningkatan Kualitas Pelaksanaan Tugas

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel