Berita

Wadirlat Perkasa C Tinjau Langsung Simulasi Force Down Pesawat Asing di Lanud Soewondo

Dibaca: 9 Oleh 01 Jul 2022Juli 4th, 2022Tidak ada komentar
Wadirlat Perkasa C Tinjau Langsung Simulasi Force Down Pesawat Asing di Lanud Soewondo
#TNIAU 

TNI AU.  Kepala Staf Komando Operasi Udara Nasional (Kaskoopsudnas) Marsda TNI Ir. Novyan Samyoga, M.M., selaku Wakil Direktur Latihan (Wadirlat) Perkasa C TA. 2022 meninjau secara langsung jalannya sesi latihan simulasi Force Down atau pendaratan secara paksa terhadap satu pesawat asing yang melintas tanpa izin di wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) di Lanud Soewondo, Medan, Kamis (30/06/2022).

Dalam simulasi ini, skenario dipaksa mendaratnya satu pesawat asing itu setelah terdeteksi oleh radar saat melintas di langit Negara Kesatuan Republik Indonesia tanpa izin. Kemudian melihat situasi tersebut, dua pesawat F-16 milik TNI AU dari Skadron Udara 16 Lanud Rsn Pekanbaru dikerahkan untuk memaksa mendarat pesawat asing tersebut ke Lanud Swo Medan.

Usai dipaksa mendarat, tim penyidik dan unsur pengamanan terpadu TNI AU (Pomau, Intelijen, dan Paskhas) segera bergerak untuk mengamankan pesawat asing beserta crew didalamnya. Setelah berada di areal steril, petugas gabungan dari 12 institusi kementerian dan lembaga yang terdiri dari Polisi Militer Angkatan Udara, Petugas Bea Cukai, Petugas Imigrasi dan Karantina, serta dari Kementerian Perhubungan, secara bergantian melakukan pemeriksaan terhadap dokumen dan fisik dari awak kabin, penumpang serba barang bawaan mereka.

Baca juga:  Danlanud Rsn hadiri Simulasi Pengamanan Pileg dan Pilpres 2019

Setelah sesi latihan simulasi ini, Wadirlat mengatakan “simulasi ini merupakan latihan bagi seluruh petugas dari 12 instansi kementerian dan lembaga yang terlibat apabila ke depannya terjadi situasi yang menuntut dilakukannya pemaksaan mendarat atas pesawat asing yang memasuki wilayah NKRI,” kata Wadirlat.

“Ini merupakan salah satu rangkaian kegiatan yang dilakukan TNI AU dalam latihan penanganan pesawat udara asing setelah pemaksaan mendarat (Force Down). Jadi jika ke depan terjadi lagi, kita dari masing-masing instansi tidak lagi gamang dan sudah tahu apa yang harus kita perbuat masing-masing. Masing-masing sudah tahu prosedur standar operasi (SOP) nya,” pungkas Wadirlat.

Wadirlat juga menegaskan, pemaksaan mendarat terhadap pesawat asing, merupakan salah satu opsi yang bisa diambil terhadap pesawat asing yang tidak memiliki izin terbang dan dianggap membahayakan. Opsi lain adalah pengusiran hingga penghancuran terhadap pesawat asing itu juga bisa dilakukan.

Turut hadir dalam latihan Force Down ini, antara lain Deputi Bidkoor Pertahanan Negara Mayjen TNI Hilman Hadi, S.I.P., M.B.A., M.Han., Waasops Panglima TNI Marsma TNI Kustono, Waasops Kasau Marsma TNI Fachrizet, S.Sos., Dirjian Kodiklatau Marsma TNI Esron Sahat B. Sinaga, S.Sos., M.A., Komandan Lanud Soewondo Kolonel Pnb Reka Budiarsa, Danwingko III Kopasgat, Para Asisten Kosek I Medan, serta para pejabat dari 12 Kementrian dan Lembaga Terkait.

Baca juga:  Komandan Lanud Sultan Hasanuddin Sambut Kunjungan Kerja Wapres RI

Wadirlat Perkasa C Tinjau Langsung Simulasi Force Down Pesawat Asing di Lanud Soewondo Wadirlat Perkasa C Tinjau Langsung Simulasi Force Down Pesawat Asing di Lanud Soewondo Wadirlat Perkasa C Tinjau Langsung Simulasi Force Down Pesawat Asing di Lanud Soewondo Wadirlat Perkasa C Tinjau Langsung Simulasi Force Down Pesawat Asing di Lanud Soewondo Wadirlat Perkasa C Tinjau Langsung Simulasi Force Down Pesawat Asing di Lanud Soewondo Wadirlat Perkasa C Tinjau Langsung Simulasi Force Down Pesawat Asing di Lanud Soewondo Wadirlat Perkasa C Tinjau Langsung Simulasi Force Down Pesawat Asing di Lanud Soewondo Wadirlat Perkasa C Tinjau Langsung Simulasi Force Down Pesawat Asing di Lanud Soewondo

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel