Berita

Wagub AAU : HB IX tidak saja seorang raja tapi juga seorang negarawan.

Dibaca: 7 Oleh 10 Apr 2012Tidak ada komentar
Wagub AAU : HB IX tidak saja seorang raja tapi juga seorang negarawan.
#TNIAU 

Peringatan 1 abad Sri Sultan Hamengkubuwono ke IX jatuh Kamis (12/4). HB IX yang lahir 12 April 1912 dan wafat pada usia 76 tahun merupakan tokoh Republik yang patut di teladani. Beliau tidak saja menjadi raja Jawa namun lebih dari ini, beliau merupakan negarawan yang sejati. Hidup dan dibesarkan di kalangan bangsawan dan kehidupan keratin namun tidak melunturkan semangat nasionalisme. Negarawan beliau muncul disaat krisis bangsa dalam menghadapi agresi belanda ke dua.

HB IX menawarkan diri untuk Yogyakarta sebagai ibu kota Negara, dan rela keratin Ngayogyakarta sebagai pusat pemerintahan. Saat Negara sedang stagnan HB juga tampil untul memberikan hartanya menjamin tentara dan pegawai pemerintahan untuk tinggal dan hidup ditanggul keratin Yogyakarta. Demikian diceritakan Wagub AAU saat kedatangan 2 tamu dari Tribun Jogya dan meteor Jogja. Di ruang kerja Wagub AAU Marsma TNI Sugihardjo.

Lebih jauh Wagub juga menceritakan sejarah HB IX dalam kancah revolusi fisik. Ketokohan beliau apabila di terapkan sekarang maka jiwa patriotisme dan rela berkorban merupakan watak dan karakter yang sepantasnya kita usung. “ Negara ini haus orang orang yang yang mau berkorban” coba liat sekarang ada ngak kenyataan yang ada, susah mencari pembanding seperti HB ke IX.”

Menurut rencana wawancara ini akan di luncurkan tepat 100 tahun Sri Sultan Hamengkubuwono ke IX. Yaitu 12 April 2012. Beliau wafat tanggal 3 Oktober 1988 dan 24 tahun waktu yang ditinggalkan hingga sekarang.

Baca juga:  Pasis Seskoad Kunjungan Lanud Sdm Pasis Seskoad Kunjungan Lanud Sdm 

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel