Berita

Wagub DIY KGPAA Sri Paduka Paku Alam X Beri Pembekalan Kepada Capaja AAU 2021

Dibaca: 20 Oleh 25 Jun 2021Juni 28th, 2021Tidak ada komentar
Wagub DIY KGPAA Sri Paduka Paku Alam X Beri Pembekalan Kepada Capaja AAU 2021
#TNIAU 

TNI AU. Wakil Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Aryo (KGPAA) Sri Paduka Paku Alam X memberikan pembekalan kepada 91 Capaja (Calon Perwira Remaja) Akademi Angkatan Udara (AAU) di gedung Sabang Merauke Ksatrian AAU, Yogyakarta, Jumat (25/6/2021).

Gubernur AAU Marsda TNI Nanang Santoso, dalam sambutannya yang dibacakan Wagub AAU Marsma TNI Palito Sitorus, S.I.P., M.M, mengungkapkan rasa hormat sekaligus penghargaan yang tinggi atas kehadiran KGPAA Sri Paduka Paku Alam X di Ksatrian AAU untuk memberikan pencerahan sekaligus pembekalan bagi Capaja AAU 2021 yang akan dilantik Presiden RI Ir.H.Joko Widodo pada upacara Prasetya Perwira di Istana negara dan di Ksatrian AAU pada 13 Juli mendatang.

Wagub DIY KGPAA Sri Paduka Paku Alam X menekankan beberapa point mendasar tentang pentingnya budaya Indonesia dalam kepemimpinan. Menurutnya, kita harus yakin bahwa Indonesia tidak akan pernah kekurangan pemimpin selama masih ada generasi muda yang memiliki wawasan kedirgantaraan dan mencintai Indonesia. Kepemimpinan dalam konsepsi filsafat Jawa yang sangat bermanfaat, mengandung tiga unsur yakni cipta, rasa dan karsa, begitu penting dan mendasar yang dapat membawa keseimbangan yang proporsional dalam kehidupan seorang pemimpin.

Baca juga:  Sosialisasi Juknis Simtelogau di Lanud Iswahjudi

Tak kalah pentingnya, KGPAA Sri Paduka Paku Alam X juga memberikan wejangan tentang kepemimpinan dengan pola keteladanan melalui nilai-nilai luhur budaya jawa yakni Guna, Titi, Purun. Guna, berarti bermanfaat, sehingga orang yang berilmu harus memanfaatkan ilmunya untuk kesejahteraan dan kemajuan umat manusia. Titi berarti Teliti, jujur, lebih dan mengerti, jadi seorang pemimpin harus benar-benar mengerti, memahami dan menguasai tugas dan kewajibannya. Sedangkan Purun berarti berani, ada kemauan untuk melakukan perubahan dan sanggup, ini adalah suatu sifat ksatria, seorang pemimpin harus memiliki jiwa ksatria yaitu berani, berperilaku baik dan tidak berperilaku buruk.

Selain itu masih banyak lagi konsepsi kepemimpian yang diungkapkan KGPAA Sri Paduka Paku Alam X yang sangat inspiratif yakni engeta angga pribadi yang artinya ingat pada diri pribadi sebagai makhluk Tuhan. empan papan yang berarti mampu menempatkan diri, unggah-ungguh yang berarti sikap sopan santun dalam berkomunikasi, subositho yang berarti perilaku sopan santun dan totokromo yang berarti adat atau kebiasaan sopan santun yang berlaku, yang sangat bermanfaat dan patut menjadi pedoman bagi Capaja AAU sebagai calon-calon pemimpin bangsa masa depan. KGPAA Sri Paduka Paku Alam X juga memberikan motivasi kepada para Capaja AAU agar terus meningkatkan kualitas diri serta profesionalisme perwira Angkatan Udara dalam menghadapi tugas-tugas di satuan.

Baca juga:  Lanud Eli Ziarah di TMP Loka Kupang

Para Capaja nampak antusias menerima pembekalan dari Wakil Gubernur DIY dan dilanjutkan sesi tanya jawab. Turut hadir pada pembekalan tersebut, para Pejabat dan Komandan Skadtar, para Dosen dan pengasuh Karbol AAU. (penaau/2021).

Wagub DIY KGPAA Sri Paduka Paku Alam X Beri Pembekalan Kepada Capaja AAU 2021

Wagub DIY KGPAA Sri Paduka Paku Alam X Beri Pembekalan Kepada Capaja AAU 2021

 

 

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel