Berita

Wakasau: Angkatan Udara Bangun Jaringan Komunikasi Berita dan Teleconference

Dibaca: 73 Oleh 18 Mei 2010Tidak ada komentar
9b842766a265b99c2bf19666b186f743
#TNIAU 

Angkatan Udara menggandeng Telkom untuk membangun Jaringan Komunikasi Berita (Jarkombra) dan komunikasi jarak jauh yang dilengkapi dengan visualisasi gambar (teleconference) yang menghubungkan antara Mabesau dengan Pangkalan TNI Angkatan Udara atau satuan jajaran di seluruh Indonesia termasuk Seskoau serta jajaran Kodikau.

 

Pembangunan jaringan itu telah dimulai sejak bulan Juli 2009 sebagai tahap pertama yang diawali dengan pendistribusian materiil dan penggelaran jaringan VPNB IP/VSAT diseluruh lokasi sejumlah 66 telah mencapai 100%, hingga memasuki tahap pelatihan para operator Jarkombra TNI AU.

 

Demikian penjelasan Wakil Kepala Staf Angkatan Udara (Wakasau) Marsekal Madya TNI Wardjoko sesuai membubuhkan tanda tangan di atas kertas Nota Kesepahaman antara TNI AU dan PT Telkom, Jogyakarta, Sabtu (31/10).

 

Penandatangan MOU tersebut pihak TNI diwakilkan kepada Asisten Operasi Kasau Marsekal Muda TNI Pandji Utama Iskaq, S.IP, PT Telkom oleh Eksekutif General Manager Divisi Enterprise Service Abdus Somad Arief dan Wakasau Marsekal Madya TNI Wardjoko mengetahui.

 

Dalam kerjasama itu TNI AU akan memperoleh paket Close User Group (CUG) Telkomsel AU, alokasi nomor 0811-9946-XXX, tahap pertama akan menggunakan 210 satuan sambungan dan akan bertambah secara bertahap. CUG meliputi jumlah sambungan, pemilihan nomor, jenis hand set, target aktivasi, distribusi dan masih banyak hal yang terkait sesuai dengan pemesanan.

Baca juga:  Upacara Operasi Gaktib dan Yustisi Polisi Militer TNI T.A. 2017

 

Menurut Marsekal Madya TNI Wardjoko dengan telah selesainya pembangunan jaringan ini diharapkan komunikasi antara pejabat Mabesau dengan pejabat komandan satuan di seluruh Indonesia dapat berjalan lancar, sehingga tidak ada alasan masih terdapat hambatan komunikasi antara bawahan dengan atasan begitu sebaliknya. Selanjutnya akan mengarah kepada keberhasilan tugas-tugas TNI Angkatan Udara secara menyeluruh.

 

Keunggulan sarana komunikasi yang saat ini dibangun bersama antara TNI AU dan PT Telkom ini telah teruji dan sudah diujicobakan sebelum acara penandatanganan MOU oleh Wakasau Marsekal Madya TNI Wardjoko didampingi Direktur Utama PT. Telkomsel Sarwoto melakukan komunikasi secara langsung dari lokasi Gunung Merapi dengan Pusat Komando dan Pengendalian Angkatan Udara (Puskodalau) Mabesau, Jakarta berjalan dengan baik dan lancar.

 

Selain kedua pejabat tersebut teleconference juga disaksikan oleh para pejabat TNI AU dan PT Telkom diantaranya dari TNI Angkatan Udara adalah Irjenau Marsda TNI K. Inugroho, Koorsahli Kasau Marsda TNI Joseph Rasiman, Asops Kasau Marsda TNI Pandji Utama Iskaq, Dankoharmatau Marsda TNI Sunaryo, Gubernur AAU Marsda TNI B.S. Silaen, S.IP, Waasops Kasau Marsma TNI Ignatius Basuki, Kadisinfolahtaau Marsma TNI Suroso, Kadispenau Marsma TNI FHB Soelistyo, S.Sos, Kadiskomlekau Marsma TNI Bambang Tejoyono, Kadisfaskonau Marsma TNI Mulyono dan Komandan Lanud Adisutjipto Marsma TNI Agus Munandar.

Baca juga:  SETIJAB DANSKADUD 31 HALIM

 

Pejabat Telkom yang hadir menyaksikan penandatangan MOU ini diantaranya Direktur Enterprise Arief Yahya, Vice President Enterprise Slamet Riyadi, General Manager Unit Enterprise Seg Goverment Henry Cristiadi, VP Corp ACC Management Telkomsel Nyoto Priyono, Koordinator ACC Manager Seg Govt Dedi Mardhianto, Senior Account Manger UCC-2 Puguh Indaryono, Manager Analis Seg Goverment M. Salsabil dan Manager Customer Solusion Seg Goverment Rahmat Tunggal A.

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel