Berita

WAKASAU BUKA ANGKASA YUDHA 2006

Dibaca: 8 Oleh 23 Mei 2010Tidak ada komentar
9b842766a265b99c2bf19666b186f743
#TNIAU 

Angkasa Yudha merupakan sandi latihan puncak Angkatan Udara yang merupakan perwujudan dari upaya pemantapan dan peningkatan profesionalitas prajurit dilandasi disiplin, jiwa juang dan dedikasi yang tinggi. Hal ini disampaikan Wakil Kepala Staf Angkatan Udara Marsekal Madya (Marsdya) TNI Wresniwiro selaku Irup pada pembukaan latihan Angkasa Yudha 2006 dari Pusat Komando dan Pengendalian TNI AU di Mabesau, Jakarta, Senin (28/08) yang menggunakan fasilitas konferensi jarak jauh yang sebelumnya didahului pengecekan secara langsung kesiapan seluruh pelaku yang berada di Jakarta (Kohanudnas, Koopsau I dan Lanud Halim), Makassar (Koopsau II dan Lanud HND), Pekanbaru, Pontianak dan Madiun.

Dalam latihan ini tidak dibentuk komando tugas tersendiri seperti yang biasa dilakukan, namun menggunakan struktur organisasi yang sudah ada yaitu Koopsau dan Kohanudnas untuk menguji kehandalan organisasi kekuatan udara dalam tugas operasional. Latihan ini merupakan bagian penting dari sistem pembinaan untuk mensiagakan tingkat kesiapan operasional Angkatan Udara bila sewaktu-waktu digunakan Panglima TNI menghadapi ancaman yang mengganggu kedaulatan negara.

Baca juga:  Kegiatan Donor Darah di Lanud Haluoleo

Latihan Puncak Angkatan Udara 2006 dengan sandi Angkasa Yudha melibatkan seluruh Komando Utama Angkatan Udara dalam bentuk latihan pos komando (Latposko) yang diselenggarakan tanggal 28 hingga 31 Agustus 2006, sedangkan manuver lapangan, akan dilaksanakan di Lanud Pekanbaru dari tanggal 10 s.d 13 September 2006.

Latposko Angkasa Yudha 2006 peserta latihan mengikutinya dengan tetap berada di satuan / markas masing-masing. Komunikasi selama latihan, lisan dan tulisan dilaksanakan dengan bantuan jaring Virtual Private Network- Internet Protocol ( VPN – IP ) dan telekonferensi. Pemanfaatan hasil kemajuan teknologi informasi dan komunikasi pada penyelenggaraan Angkasa Yudha 2006 ditinjau dari aspek efektivitas dan efesiensi penggunaan sumber daya ini merupakan suatu keharusan dan tuntutan zaman, karena peralatan yang digunakan terjamin daya proteksinya untuk menjaga kerahasiaan sebagai faktor penting dalam setiap operasi militer.

Angkasa Yudha 2006 ini diselenggarakan untuk menguji salah satu rencana operasi komando utama untuk menjamin tegaknya hukum dan terjaganya keamanan pada satu bagian wilayah nasional yang diasumsikan mendapat gangguan dan ancaman musuh, sekaligus implementasi doktrin Angkatan Udara Swa Bhuana Paksa beserta petunjuk-petunjuk operasi yang ada. Sebagai latihan puncak kekuatan matra udara Angkasa Yudha 2006 mengangkat tema “Melalui Angkasa Yudha 2006, Koopsau dan Kohanudnas mampu melaksanakan operasi udara untuk pencapaian keunggulan dan supremasi udara sehingga pengendalian udara dapat diwujudkan secara penuh untuk daerah Sumatera dan sekitarnya dalam rangka penyelenggaraan pertahanan udara yang handal”.

Baca juga:  PENANDATANGANAN PERJAMA DENGAN YASARINI PENGURUS CAB. LANUD EL TARI

WAKASAU BUKA ANGKASA YUDHA 2006

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel