Berita

Wakasau Buka Rakerops TNI AU 2015

Dibaca: 19 Oleh 09 Feb 2015Tidak ada komentar
emb 314
#TNIAU 

Pemerintah dan masyarakat saat ini sangat menaruh perhatian besar terhadap modernisasi dari penambahan  beberapa Alutsista TNI Angkatan Udara. Dukungan yang telah diberikan oleh pemerintah dan kepercayaan masyarakat saat ini perlu disikapi dengan tepat dan benar. Untuk itu, modernisasi Alutsista udara tentunya akan berpengaruh secara signifikan terhadap pemenuhan Sasaran Pembinaan Kemampuan (Sasbinpuan) TNI Angkatan Udara.  

Demikian sambutan Kasau Marsekal TNI Agus Supriatna pada pembukaan Rapat Koordinasi Operasi TNI AU T.A 2015 yang dibacakan oleh Wakasau Marsdya TNI Bagus Puruhito di Mabesau, Cilangkap, Jum’at (6/2). Kegiatan ini dihadiri Asops Kasau Marsda TNI I.B Anom Manuaba, Waasops Marsma YNI Yuyu Sutisna, serta pada pejabat jajaran operasi dari seluruh Indonesia.

Kasau mengharapkan Rakorops ini dapat membuka komunikasi dua arah dalam menyatukan pemikiran atasan dan bawahan. Kolaborasi operasi juga diharapkan tidak hanya dilakukan di lingkungan kerja sehari-hari, namun juga ketika dilaksanakan kegiatan lapangan berupa latihan operasi mandiri maupun gabungan.

Berkaitan dengan hal tersebut, TNI AU dihadapkan dengan tugas-tugas besar yang masih menjadi pekerjaan rumah khususnya bagi personel Operasi jajaran supervisinya dapat mengoptimalkan manajemen operasi sehingga  interoperabilitas dengan matra darat dan laut dapat terealisasikan dengan maksimal,

Terkait dengan doktrin operasi yang dimiliki  Angkatan Udara saat ini agar dapat mengikuti perkembangan kemajuan teknologi Alutsista udara serta dapat terintegrasi dengan operasi gabungan. Prinsip interoperabilitas serta sinergisitas antar Matra harus tercermin dalam doktrin-doktrin operasi TNI AU, baik untuk penggunaan kekuatan di masa damai maupun masa perang.

Kegiatan latihan yang dilaksanakan seperti  latihan perorangan, latihan antar satuan, latihan gabungan  dan latihan Angkasa Yudha yang dilaksanakan secara berkesinambungan, dimana skenario/Lingstra hendaknya mengacu kepada  tantangan tugas yang dihadapi TNI AU serta ancaman masa depan yang realistis, bukan sekedar berdasarkan kebiasaan selama ini.

Sedangkan untuk menghadapi kegiatan besar HUT TNI ke-70 dan Latgab TNI, TNI AU diharapkan mampu tampil dengan sempurna dengan menghadirkan Alutsista baru yang dimiliki. Kunci dari semua itu adalah disiplin pada semua aspek, dimana dengan disiplin, Angkatan Udara akan mampu mewujudkan kesiapan operasional seluruh Alutsistanya secara optimal.

Sesuai dengan visi dan misi pemerintah yang berkeinginan untuk menjadikan Indonesia sebagai poros maritim dunia, maka staf operasi berserta jajaran supervisinya perlu untuk merencanakan operasi udara khususnya operasi pengamanan laut yang berbasis air surveillance, serta pembinaan keterampilan para awak pesawat beserta pendukung penerbangan hendaknya selalu ditujukan kepada peningkatan aspek profesional.  

Baca juga:  Danlanud : Tiada Jalan Pintas Menjadi Seorang Penerbang Tempur Profesional dan Handal

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel