BeritaBerita Utama

Wakasau: Peran Vital TNI AU Pada Penanggulangan Bencana

Oleh 15 Nov 2019 Tidak ada komentar
Konsep Otomatis
#TNIAU 

TNI AU. Wakil Kepala Staf Angkatan Udara (Wakasau) Marsekal Madya TNI Fahru Zaini Isnanto, S.H., M.DS., mengatakan peran TNI AU sangat vital dalam mendukung penanggulangan bencana karena memiliki karakteristik kecepatan, daya angkut dengan jumlah yang sangat signifikan, dan pengerahan dukungan kesehatan yang mampu dilaksanakan secara optimal.

Pernyataan tersebut disampaikan Wakasau saat memberikan ceramah “Peran TNI AU pada penanggulangan bencana dalam OMSP” kepada International Military Dentistry Forum (IMDF) di Hotel Alila, Surakarta, Jawa Tengah, Jumat (15/11/2019).

Wakasau juga menyampaikan, TNI AU merupakan bagian dari pemerintah turut bertanggung jawab terhadap penanggulangan bencana. Salah satu tugas pokok TNI melaksanakan Operasi Militer Selain Perang (OMSP) dengan membantu menanggulangi bencana alam, pengungsian, dan pemberian bantuan kemanusiaan.

“Kekuatan TNI AU tidak hanya menjadi faktor yang menentukan dalam perang saja, namun dalam OMSP seperti penanggulangan bencana, TNI AU bergerak dengan kecepatan jauh lebih tinggi, dapat menjangkau ke segala penjuru, semua titik di permukaan bumi dibandingkan kekuatan darat atau laut, sehingga memberikan keunggulan dari aspek jarak dan waktu,” ujar Wakasau.

Lebih lanjut Wakasau menyampaikan, kekuatan TNI AU dapat digunakan untuk tugas-tugas dengan fungsi yang berbeda dan perubahan tersebut dapat dilaksanakan dalam waktu yang relatif singkat. Selain itu juga kekuatan udara dapat digelar dengan cepat untuk diproyeksikan pada sasaran tertentu dengan dukungan logistik dan personel secara berlanjut.

Turut Hadir mendampingi Wakasau, Wakapuskes TNI, Kadispamsanau, Kadispenau, Kadisopslatau, dan Kadispotdirgaau.

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel