Pustaka

Wake Turbulence, Lawan yang Tak Tampak

Dibaca: 40 Oleh 04 Jan 2013Tidak ada komentar
M 458 NA B 25 Mitchell Indonesian Airforce 7168661149
#TNIAU 

Wake Turbulence, Lawan yang Tak Tampak

 

Dalam film Top Gun yang dirilis 1986, mesin pesawat F-14 Tomcat yang diterbangkan Letnan Pete “Maverick” Mitchell (Tom Cruise) mengalami dua kali mati mesin yang  disebabkan mesin pesawatnya menghisap pancaran udara panas dari mesin jet pesawat lain. Setelah itu pesawat Maverick masuk dalam situasi spin berputar tak terkendali akibat terkenawake turbulence dari pesawat yang sama dikarenakan jarak terlalu dekat. Radar Intercept Officer dan sahabatnya yang duduk di kursi belakang Letnan Nick “Goose” Bradshaw cedera karena menghantam kanopi pesawat saat melontar keluar (eject) dengan kursi lontar. 

 

Wake turbulence memang produk tak terelakkan dari daya angkat pesawat. Seperti halnya para penerbang lain, kita sering teringat pada masa baru mulai pelatihan terbang. Jikalau melakukan belokan 360 derajat yang sempurna maka saat kita merasakan pesawat bergoyang (bumpy), maka instruktur akan mengatakan terkena wash baik propeller washatau jet wash.

 

Jika berhasil melakukan belokan 360 derajat dan saat selesai pesawat mengalami bumpy biasanya kita mendapat nilai sempurna karena lintasan belok pesawat sempurna, balik ke tempat memulai belokan. Dan sayang sekali kita harus mengkoreksi nama wash yang diberikan instruktur saat pesawat kembali ke posisi semula. Wash pesawat sudah hilang. Yang kita rasakan adalah produk samping gaya angkat yang lebih bertenaga yaitu wake turbulence.

 

Baca juga:  Perluasan Bandara Husein Dimulai Juni 2012

Apakah betul Wake Turbulence dan Jet Wash berbahaya bagi penerbangan? (Kolonel Pnb Agung “Sharky” Sasongkojati MA.Sc.)

 

Sumber : //angkasa.co.id/index.php/aerotech/

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel