Kohanudnas

Walet Park: Edukasi Prototype Energi Terbarukan

Dibaca: 457 Oleh 07 Sep 2020Tidak ada komentar
WALET PARK: Edukasi Prototype Energi Terbarukan
#TNIAU 

TNI AU. Beberapa masyarakat pasti mengetahui bahwa krisis energi sedang dialami saat ini, bahkan diprediksi terjadi di masa mendatang. Solusi memanfaatkan energi terbarukan menjadi penting untuk mengatasi masalah tersebut, salah satunya adalah dengan membuat Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hidro (PLTMH). Tidak hanya sebagai energi alternatif, PLTMH juga berkontribusi terhadap perbaikan mutu lingkungan hidup karena mengurangi penggunaan bahan bakar fosil yang berdampak terhadap polusi udara, hujan asam, dan efek rumah kaca.

Sangat beruntung bahwa di pulau Weh Sabang masih menjaga kelestarian fungsi hutan dan menjamin kontinuitas hasil air yang bermanfaat bagi masyarakat dan juga dapat digunakan untuk pembangunan PLTMH. Komandan Satrad 233 Sabang, Letkol Lek Firmansyah, M. Sc melihat potensi tersebut, terlebih lagi dengan tersedianya air terjun yang mengalir sebagai sumber utama penghasil energi listrik.

Melalui kegiatan di taman edukasi anak WALET PARK, beliau dengan beberapa personel satrad mendemonstrasikan prototype mini hidro turbin sebagai alternatif pembangkit listrik tenaga air skala kecil yang dapat dimanfaatkan sebagai sumber energi terbarukan yang masuk dalam kategori clean energy atau ramah lingkungan.

Baca juga:  Komandan Lanud Sjamsudin Noor Mengikuti Upacara Hari Sumpah Pemuda ke-91 di Kalimantan Selatan

“Pendidikan anak sangat penting untuk membangun karakter dan kecintaannya akan sesuatu saat dewasa nanti. Oleh karenanya, kesempatan baik ini kami harapkan dapat menjadi trigger bagi anak2 untuk peduli akan kondisi lingkungan serta selalu kreatif dalam menciptakan energi terbarukan di masa mendatang”, kata Letkol Firmansyah.

Ini hanya prototype kecil saja, peralatan dapat dikembangkan lagi tinggal bagaimana memanfaatkan peralatan yang dapat memberikan output tegangan dan arus lebih besar untuk menjadi sumber energi alternatif, tambahnya.

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel