Berita

WANITA ANGKATAN UDARA BERUSIA SETENGAH ABAD

Dibaca: 30 Oleh 26 Agu 2013Tidak ada komentar
IndonesianAF 1
#TNIAU 

Peringatan Hari Ulang Tahun Wanita TNI Angkatan Udara kali ini tentunya sangat bermakna, dimana Wara telah memasuki usia yang ke lima puluh tahun, oleh karena itu tepat kiranya peringatan ini menjadi moment untuk kita mengevaluasi diri sudah sejauhmana pencapaian kaum wanita Indonesia umumnya maupun wanita TNI Angkatan Udara khususnya dalam memperjuangkan hak-haknya sebagai mitra sejajar kaum pria membangun bangsa ini.

Oleh sebab itu, setiap anggota Wara harus memahami kalau makna hakiki dibalik peringatan hari ulang tahun yang secara rutin diperingati ini, bukan sekedar pada perayaannya, namun lebih pada kemampuan kita menjadikan ulang tahun sebagai media untuk menggugah semangat perjuangan, pengabdian dan sekaligus memperteguh jiwa korsa dikalangan prajurit Wara khususnya maupun TNI Angkatan Udara umumnya.

Demikian sambutan tertulis Kepala Staf Angkatan Udara (Kasau) Marsekal TNI I.B. Putu Dunia yang dibacakan Komandan Lanud Supadio yang diwakili Kadispers Lanud Supadio Letkol Adm Dedy Hendra Effendi pada upacara peringatan Ke-50 HUT Wanita Angkatan Udara (Wara), Senin, (26/8) di Apron Lanud Supadio.

Dalam catatan sejarah, lanjut Kasau, kaum wanita sering kali hanya diposisikan sebagai pelengkap. Keberadaan kaum wanita hanya menonjol pada sektor domestik (rumah tangga) dan sangat jarang terlibat dalam sektor publik. Pandangan ini terkait dengan status Wara sebagai kaum hawa yang tidak lepas dari kodratnya sebagai ibu rumah tangga yang umumnya fokus pada hal-hal kecil. Hal ini menyebabkan munculnya persepsi yang keliru dari masyarakat bahwa urusan publik dengan tanggung jawabnya yang lebih besar tidak cocok dibebankan pada kaum wanita.

“Namun, seiring perkembangan zaman, persepsi tersebut telah berubah, saat ini banyak sudah wanita yang mampu berperan ganda baik di sektor domestik maupun sektor publik. Salah satu contohnya adalah para wanita yang berkarir sebagai wanita TNI Angkatan Udara. Meskipun karakteristiknya sebagai wanita yang dibalut sifat-sifat feminim, namun hal tersebut tidak menghalangi Wara untuk berprestasi secara maksimal dalam mengemban tugas pekerjaannya,” jelas Kasau.

Upacara yang berlangsung khidmat, diikuti seluruh satuan kerja di jajaran Lanud Supadio, Skadron Udara 1, Batalyon 465 Paskhas, Pegawai Negeri Sipil. Setelah upacara dilaksanakan pemotongan kue ulang tahun dan pemberian ucapan selamat kepada Wara Lanud Supadio oleh para peserta upacara.

Baca juga:  Kasau Dan Ketua Umum Yasarini Tinjau Kesiapan Grand Opening “SMA Pradita Dirgantara”

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel