Berita

Wara Harus Ikut Jaga Citra TNI AU

Dibaca: 3 Oleh 09 Sep 2011Tidak ada komentar
Museum Pusat TNI Angkatan Udara Dirgantara Mandala
#TNIAU 

Berkarier secara profesional di dunia kemiliteran merupakan suatu pilihan yang cermat guna membuktikan bahwa kemampuan wanita tidak kalah dengan pria dalam berkarier di berbagai bidang pengabdian kepada bangsa dan negara. Hal ini merupakan implementasi dari cita-cita Ibu Kartini yang senantiasa ingin mewujudkan emansipasi kaumnya.

Ketua Umum PIA Ardhya Garini, Ibu Maya Imam Sufaat mengatakan hal tersebut saat memberikan pembekalan kepada siswa Wara Angkatan ke-35 di Skadik 105 Kaliurang Yogyakarta, Jum’at (9/9).

Namun demikian, Ibu Maya Imam Sufaat juga mengingatkan, walaupun menjadi seorang prajurit TNI memiliki sikap tanggap, tanggon, trengginas, namun Wara tetap seorang wanita yang memiliki kodrat dan sifat-sifat kewanitaan.

“Sikap sebagai seorang prajurit harus diutamakan, namun tingkah laku dan sifat-sifat kewanitaan tetap harus melekat pada diri Wanita Angkatan Udara, yaitu bertindak sesuai dengan kepribadian wanita Indonesia yang memiliki etika dan tata susila,” tegas Ibu Winayadhati Kanya Sena ini.

Wanita, lanjut Ibu Maya Imam Sufaat, merupakan mitra yang sejajar dengan pria, dimana dalam isu gender telah mendapat tanggapan positif dari para kaum pria. Wanita dinilai mampu berkiprah dalam organisasi formal maupun organisasi kemasyarakatan, dan itu telah ditunjukkan oleh wanita-wanita yang kini banyak menduduki posisi-posisi penting dalam sistem ketatanegaraan di Indonesia, baik di bidang eksekutif, legislatif maupun yudikatif, dan tak jarang yang sukses di bidang wirausaha.

Baca juga:  Apresiasi untuk Petinju TNI AU Pratu Ongen Saknosiwi

Di penghujung pembekalan, kepada siswa Wara Angkatan ke-35, Ibu Maya Imam Sufaat berpesan agar dalam berkarier senantiasa memelihara sikap sopan santun dan kesusilaan serta menjauhkan diri dari perbuatan tercela yang bisa merusak citra Angkatan Udara, khususnya Wara.

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel