Berita

Wara Tetap Memiliki Kodrat Kewanitaan

Dibaca: 15 Oleh 04 Jul 2012Tidak ada komentar
M 458 NA B 25 Mitchell Indonesian Airforce 7168661149
#TNIAU 

Wanita Angkatan Udara (Wara) dituntut untuk menjaga dan memelihara pengetahuan dan keterampilan dasar sifat kewanitaan serta kesiapan jasmani yang prima. Meskipun sebagai Wanita TNI, Wara tetap seorang wanita yang memiliki kodrat dan sifat kewanitaan yang melekat dalam setiap tingkah laku baik di lingkungan eksternal maupun internal satuan.

Demikian pembekalan yang disampaikan Ibu Winayadhati Kanya Sena Ny. Maya Imam Sufaat kepada Wara pada rangkaian peringatan ke-49 HUT Wara di Mabesau Cilangkap, Rabu (4/7).

Dikatakan, kodrat kewanitaan tidak lantas memberikan kedudukan istimewa bagi Wanita TNI Angkatan Udara dan tidak ada perbedaan hak dan kewajiban jika dibandingkan dengan hak dan kewajiban prajurit pria. Dalam konteks emansipasi, sinergi antara hak dan kewajiban menjadi penting karena akan menepis kesan bahwa emansipasi hanyalah sekedar tuntutan hak.

Lanjutnya, diharapkan agar Wara mampu meningkatkan integritas dan etos kerja yang tinggi untuk berperan aktif mencapai optimalisasi tugas TNI AU. Dengan landasan Sapta Marga dan Sumpah Prajurit, personel Wara dapat mengimplementasikannya dalam pola pikir, bersikap, maupun bertindak sebagai prajurit TNI yang tangguh, namun tidak melupakan tugas dan tanggung jawabnya sebagai ibu dan isteri.

Menurutnya, profesionalisme yang dituntut pada diri Wara tidak hanya keahlian di bidangnya, melainkan harus pula diikuti dengan nilai moral yang tinggi. Etika dan moralitas harus menjadi tumpuan dan sebagai salah satu pilar penyangga harkat dan martabat prajurit Wara.

Selain dari Ibu Winayadhati Kanya Sena, para Wara pada kesempatan tersebut juga mendapat ceramah dari Aspers Kasau Marsma TNI Mawardi tentang Pembinaan Wara Secara Keseluruhan, serta dari Dinas Psikologi TNI AU yang disampaikan oleh Letkol Kes Laksana Heriyanto tentang Peningkatan Kualitas Untuk Pribadi Yang Lebih Unggul Dalam Rangka Pengabdian Wara di TNI AU.

Baca juga:  SAFARI BINTAL TERPADU DI LANUD SUPADIO

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel