Berita

Warga Dengkol Dan Anggota Lanud Abd Saling Dorong

Dibaca: 15 Oleh 23 Apr 2015Tidak ada komentar
M 458 NA B 25 Mitchell Indonesian Airforce 7168661149
#TNIAU 

Sekitar 60 orang warga Desa Terong Dowo Dengkol, Kecamatan Pakis, Malang menggelar aksi demo di pertigaan Komplek Jatayu Lanud Abd Saleh. Rabu, (22/4) Mereka menuntut dibukanya pintu pembatas jalan masuk ke Lanud Abd Saleh setiap saat karena selama ini mereka bisa melewati jalan menuju Lanud Abd tanpa ada pintu yang saat ini baru dipasang di pertigaan Jatayu. Kericuhanpun terjadi saat para penjaga Pos Jatayu melarang masyarakat sekitar untuk melewati pintu tersebut.

Melihat situasi yang mulai memanas, petugas jaga menghubungi pos induk Lanud Abd untuk mengerahkan pasukan Penanggulangan Huru-hara (Gulhura) untuk membubarkan aksi yang mulai anarkis tersebut. Para pendemo mulai melempar batu dan kayu. Warga juga melakukan orasi dengan meneriakkan yel-yel serta membawa spanduk dan poster. Melihat situasi seperti itu, Lanud langsung mengerahkan 1 kompi pasukan Gulhura yang mengenakan pakaian lengkap. Bersamaan dengan datangnya 1 kompi pasukan, Tim negosiasipun turun tangan menemui koordinator demonstran, namun tidak ada kesepakatan. Warga semakin tidak terkendali dan melakukan aksi-aksi saling adu dorong. Akhirnya terjadilah bentrok dengan petugas Gulhura. Mobil PK Lanud Abd langsung datang untuk membubarkan massa dengan semprotan air serta 4 anjing dari Brigan Satuan Pomau Lanud Abd Saleh. Akhirnya aksi masapun dapat dibubarkan dan suasana kembali aman seperti semula.

Baca juga:  BATALYON 461 PASKHASAU LATIHAN TERJUN DALAM ‘COPE WEST’

Kegiatan tersebut merupakan bagian skenario dari rangkaian Latihan Satuan dengan sandi Garuda Perkasa 2015. Dalam latihan tersebut dilibatkan sekitar 60 orang sebagai pendemo, 1 kompi pasukan Gulhura dari jajaran Lanud dan 4 anjing dari Brigan ditambah beberapa personel dari Satpomau Lanud Abd Saleh.

 

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel