Berita

Warga Lanud Adisutjipto Rayakan Idul Adha

Dibaca: 16 Oleh 18 Nov 2010Tidak ada komentar
Museum Pusat TNI Angkatan Udara Dirgantara Mandala
#TNIAU 

Warga komplek dan masyarakat sekitar Lanud Adisutjipto menggelar Sholat Idhul Adha di Masjid Abdurrohim, Rabu (17/11). Di kesempatan itulah Prof. Dr. KH. Bustami Subhan M.S. bertindak selaku imam dan khotib. Saat berceramah dosen dari Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta tersebut menyampaikan alasan, mengapa orang berkorban di Hari Raya Idul Adha.

Menurutnya, niat orang berkurban di Hari Raya Idul Adha karena dua alasan. Pertama karena perbuatan itu dilaksanakan untuk memenuhi perintah Allah dan yang kedua karena untuk mengutarakan rasa syukur kepada Allah.

Di Masjid Abdurrohim Pangkalan Udara Adisutjipto Yogyakarta, pada perayaan Idul Adha 1431 Hijriyah, sebanyak 10 ekor sapi dan 36 ekor kambing disembelih. “Hewan-hewan ini merupakan hewan kurban dari Keluarga Besar Lanud Adisutjipto untuk pengungsi korban letusan Gunung Merapi dan masyarakat yang berhak menerima,” ujar Ketua Panitia Idul Adha Lanud Adisutjipto, Letkol Pnb Arif Hartono.

Letkol Pnb Arif Hartono menjelaskan, sebelum acara penyembelihan, didahului dengan penyerahan secara simbolik hewan kurban dari Komandan Pangkalan Udara Adisutjipto Marsekal Pertama TNI Hadiyan Sumintaatmadja kepada Ketua Panitia Idul Qurban Lanud Adisutjipto.

“Terkait dengan distribusi daging kurban, panitia telah berkoordinasi dengan pengurus di barak-barak pengungsian dan para takmir masjid di sekitar Lanud Adisutjipto untuk penyalurannya, sehingga dapat tepat sasaran,” terang Ketua Panitia Idul Adha Lanud Adisutjipto yang juga Komandan Skadik 101 itu.

Rangkaian perayaan Idul Adha di Pangkalan Udara Adisutjipto diawali dengan menggelar Takbir Keliling, Selasa (16/11). Takbir yang dikoordinir Takmir Masjid Abdurrohmin itu juga diikuti remaja masjid, anak-anak TPA serta warga komplek. Dengan menggunakan bus, truk dan kendaraan roda dua serta roda empat lainnya, iring-iringan sepanjang hampir 150 meter itu mengular mengelilingi komplek perumahan di Pangkalan Udara Adisutjipto.

Baca juga:  PENGHIJAUAN DI LANUD HALIM

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel