Berita

WARGA LANUD SUPADIO SAKSIKAN FENOMENA HALO

Dibaca: 8 Oleh 14 Jun 2010Tidak ada komentar
IndonesianAF 1
#TNIAU 

Hari Jum’at (11/6) pukul 11.15 WIB warga Lanud Supadio khususnya dan masyarakat kota Pontianak dihebohkan dengan terjadinya fenomena Halo yaitu fenomena matahari dikelilingi cincin pelangi. Matahari yang dikelilingi cincin warna-warni ini menjadi tontonan menarik warga Lanud Supadio dan sekitarnya. Tak sedikit diantara mereka mengabadikannya dengan kamera HP maupun kamera digital.

Menurut Fisikawan Untan Leo Sutrisno yang dirilis di Borneo Tribune mengatakan peristiwa matahari dikelilingi cincin pelangi di saat langit cerah tiada hujan itu disebut fenomena Halo 220. Peristiwa ini terjadi apabila berkas cahaya matahari menembus lapisan awan Cirrus yang tipis.

Awan cirrus berada disekitar 7.000 km dari permukaan laut. Pada posisi setinggi ini, uap air berubah menjadi kristal es. Kristal es berbentuk heksagonal-segi enam. Berkas cahaya matahari menembus kristal es yang berbentuk segi enam beraturan. Berkas itu oleh kristal es dibiaskan dengan sudut deviasi sekitar 220. Berkas cahaya putih yang berasal dari matahari terdiri dari banyak warna yaitu : merah, jingga, kuning, hijau, biru, nila dan ungu. Warna-warna inilah yang sering kita sebut pelangi.

Baca juga:  Walikota Apresiasi Kepedulian Lanud Tanjungpinang Terhadap pelestarian Lingkungan Hidup

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel