Berita

Warga Lanud Surabaya Rayakan Idul Adha 1430 H

Dibaca: 6 Oleh 19 Mei 2010Tidak ada komentar
2015 06 02 00002
#TNIAU 

Umat muslim warga Lanud Surabaya dan masyarakat sekitarnya, jumat (27/11) melaksanakan Shalat Idul Adha 1430 H di Lapangan Tenis Lanud Surabaya dengan khatib merangkap Imam Ustadz H. Abdul Hafid SH. M HI.

 

Sholat Idul Adha dimulai pada pukul 06.30 Wib, diawali dengan sambutan Komandan Lanud Surabaya Kolonel Pnb Gatot Purwanto, yang mengajak kepada seluruh jema’ah sholat Idul Adha yang hadir untuk sejenak merenung kembali tentang situasi dan kondisi negeri yang kita cintai ini, dimana bencana alam yang terjadi di awal tahun 2009 sampai sekarang, berupa banjir dan tanah longsor serta gempa yang telah melanda dan menelan korban ratusan jiwa, peristiwa tersebut haruslah kita pandang sebagai teguran atau peringatan Allah SWT kepada umat manusia. “marilah, peristiwa tersebut kita jadikan sebagai upaya untuk meningkatkan kadar keimanan dan ketaqwaan kita kepada Allah SWT”.

 

Lebih Lanjut DanLanud mengatakan, ibadah Qurban merupakan salah satu momentum dari sekian banyak momentum islam yang memiliki dampak syiar bersifat ritual maupun sosial bagi pembangunan keagamaan. Qurban secara harfiah berarti mendekatkan. pengertian Qurban disini dimaksudkan untuk mendekatkan diri kepada sesama manusia, khususnya mereka yang belum mendapat kesempatan, terutama dilihat dari sisi lahiriahnya. ibadah Qurban juga mencerminkan pesan islam, bahwa kita hanya dekat dengan Allah SWT, apabila kita juga mendekati saudara-saudara kita yang miskin, yang lemah, yang duafa dan sedang tertimpa musibah.

Baca juga:  RSAU dr Sukirman Lanud Roesmin Nurjadin, Gelar Vaksinasi Tahap II untuk Masyarakat Pekanbaru

 

Diakhir sambutannya Kolonel Pnb Gatot Purwanto mengajak kepada umat muslim yang hadir khususnya anggota TNI AU Lanud Surabaya, untuk dapat meneladani sikap Nabi Ibrahim AS, dan meningkatkan semangat rela berkorban sebagai landasan kepedulian sosial prajurit TNI AU kepada masyarakat, khususnya yang sedang tertimpa musibah bencana alam di tanah air, dengan dilandasi sikap yang tulus dan ikhlas.

 

Sementara itu, katib H. Abdul Hafid SH. M HI, dalam khutbahnya mengatakan, Penyembelihan hewan Qurban ini tidak terlepas dari sejarah dan perjuangan Nabi Ibrahim AS, ketika mendapat perintah dari Allah SWT untuk menyembelih putra kesayangannya Nabi Ismail AS. Dalam Islam Qurban bukan hanya sekedar menyembelih hewan, melainkan memiliki makna filosofis yang sangat penting dalam kehidupan baik secara vertikal yang berhubungan dengan Allah SWT maupun secara horizontal yang berhubungan dengan sesama manusia.

 

Dalam kesempatan yang sama, sebelum acara penyembelihan hewan kurban dimulai, DanLanud Surabaya Kolonel Pnb Gatot Purwanto, atas nama pribadi menyerahkan 1 ekor sapi. Penyerahan hewan Qurban secara simbolis diterima oleh Ketua Panita Idul Adha 1430 H, Kasi Bintal Lanud Surabaya, Kapten Sus Arwani, S. Ag.

Baca juga:  Penyerahan Tali Asih Dan Hadiah Lomba Rumah Asri Dan Sehat Di Lanud El Tari

 

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel