TNI AU - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Udara

Warga Pasaman Barat Sangat Terkagum Dengan Kehadiran Pesawat Tempur TNI AU

By 17 Apr 2015 13:11Berita
1280px-Photo_20031215_122634

Warga Pasaman Barat merasa sangat terkagum dengan kehadiran Fly past pesawat tempur TNI Angkatan udara jenis Hawk 100/200 dari skardon udara 12 Lanud Rusmin Nuryadin Lanud Pakan Baru yang terbang rendah di kawasan simpang empat Pasaman Barat, Kamis (16/4). Suara gemuruh sangat kencang di atas kantor Bupati Pasaman 4 pesawat melesat memberikan salam hangat seolah menyapa masyarakat yang sedang beraktifitas baik di ladang, pekerja kebun maupun pegawai perkantoran.

Kejadian seperti ini memang sangat jarang bisa dilihat sehari-hari namun siang ini masyarakat bisa menyaksikan langsung kehebatan para pilot tempur Angkatan Udara. Selama satu pekan pesawat temput ini melakukan latihan simulasi penembakan Rudal Moverick dari udara ke darat (Air to ground) dengan pesawat tempur Hawk 100/200 melibatkan sebanyak 1fes2 penerbang dan didukung 62 personil teknisi profesional.

Menurut Danlanud Padang Ltk Pnb Mohammad Apon, ST, MPA menjelaskan. Latihan ini di gelar dalam rangka memperkuat sistem pertahanan udara untuk menjaga kedaulatan NKRI khususnya di wilayah udara Indonesia. Sesuai Intruksi pimpinan yang salah satunya adalah kehadiran kekuatan udara hingga di perairan Samudra Hindia. Lanud Padang yang memiliki posisi berhadapan langsung dengan Samudra Hindia ini memerlukan konsep dan persiapan yang jelas dalam penggelaran operasi udara untuk mendukung program Poros Maritim dunia.

Selain itu dalam latihan ini kita juga malaksanakan pemberdayaan kewilayahan dengan melakukan Fly past di beberapa Kabupaten yang hari ini melaksanakan di wilayah udara Pasaman Barat. Mudah-mudahan melalui kegiatan ini ada hubungan emosional yang kuat antara Lanud Padang dengan Warga Pasaman Barat jelasnya.

Sementara itu Ltk Pnb Jajang Setiawan Danskadron 12 Lanud Rusmin Nuryadin Pakan Baru menuturkan bahwa selama latihan moverick di atas wilayah Sumbar berjalan dengan lancar belum ada kendala yang signifikan. Memang kadang-kadang faktor cuaca menjadi tantangan yang harus dapat disiasati dengan cepat.

Dalam latihan ini kami membawa Rudal udara ke darat AG-65 Moverick yang memiliki kemapuan berpandu infra red, bagaimana cara meluncurkanya dan mensimulasikan untuk menghacurkan target yang ada dipermukaan baik di darat maupun di laut yang bernilai strategis. Obyek-obeyek yang dianggap bernilai tinggi seperti, pusat pemerintahan, markas militer, indutri strategis, bandara, pelabuhan, bangker mapun sasaran lainya.

Harapanya selain untuk meningkatkan profesinalisme para pilot tempur juga dapat memberikan motivasi bagi pemuda di Pasaman Barat untuk dapat bergabung dengan kami melalui TNI Angakatan Udara pungkasnya. Latihan Penembakan rudal Maverick menggunakan tempur jenis Hawk 100/200 dari Skadron Udara 12 Lanud Rusmin nuryadin Pakan Baru dengan tail number yakni, TL 0201, TT 0202, TT 0209 dan TT 0214.

Selain itu untuk bantuan SAR juga disiagakan 1 unit Helicopter EC-120 Colibri skadron udara 7 Lanud Surya Darma Kalijati Subang. Sebanyak 14 sourtie dapat dilaksanan dalam latihan ini dengan mengambil area latihan di atas wilayah Painan Pariaman dan Pasaman Barat sekitarnya.

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Warga Pasaman Barat Sangat Terkagum Dengan Kehadiran Pesawat Tempur TNI AU