Berita

Wasev dan Sosialisasi Spotdirga Mabesau di Lanud RHF

Dibaca: 3 Oleh 01 Apr 2021Tidak ada komentar
Wasev dan Sosialisasi Spotdirga Mabesau di Lanud RHF
#TNIAU 

TNI AU. TANJUNGPINANG. Sebagai bentuk pembinaan potensi kedirgantaraan (Binpotdirga) secara terarah di satuan jajaran TNI Angkatan Udara, Staf Pembinaan Potensi Dirgantara (Spotdirga) Markas Besar TNI Angkatan Udara melaksanakan Pengawasan dan Evaluasi (Wasev) serta Sosialisasi Potensi Kedirgantaraan di Lanud Raja Haji Fisabilillah yang diselenggarakan di Gedung Dirgantara Lanud Raja Haji Fisabilillah pada Rabu (31/3/2021), dan dihadiri oleh seluruh Personel Lanud RHF, perwakilan Satrad 213 Bintan dan Pengurus Tanjungpinang Aeromodelling Club.

Dalam kesempatan tersebut, Komandan Lanud Raja Haji Fisabilillah Kolonel Pnb Andi Wijanarko, S.E., dalam sambutannya mengucapkan selamat datang dan berterima kasih atas kunjungan Tim Wasev Spotdirga Mabesau atas kunjungan mereka ke Lanud Raja Haji Fisabilillah. Danlanud RHF juga mengatakan bahwa kegiatan pengawasan, evaluasi, dan sosialisasi tersebut merupakan momentum yang sangat berharga untuk dipahami oleh setiap prajurit TNI Angkatan udara sebagai bahan wawasan kedirgantaraan. “Domain dari TNI Angkatan Udara adalah dirgantara, maka sudah seharusnya kita sebagai prajurit pengawal dirgantara paham tentang segala hal yang berkaitan dengan kedirgantaraan beserta potensi-potensi yang mendukung di dalamnya,” tuturnya.

Baca juga:  Pertemuan Rutin Anggota PIA AG Lanud Balikpapan

Danlanud juga menghimbau kepada seluruh personel dan undangan yang hadir agar menyimak dengan seksama materi yang akan disampaikan oleh Tim Wasev Spotdirga Mabesau. “Mengingat pentingnya materi dari kegiatan ini, saya himbau kepada seluruh anggota dan undangan yang hadir untuk menyimak dan apabila ada hal yang kurang jelas agar ditanyakan, manfaatkan kesempatan emas ini untuk menggali ilmu pengetahuan serta berbagai pengalaman seluas-luasnya dari Tim Spotdirga Mabesau,” himbaunya.

Sementara itu, Paban VI/Taswilud Spotdirga Mabesau, Kolonel Pas Rolland Dulista dalam sambutannya menjelaskan bahwa Spotdirga merupakan sebuah organisasi eselon pembantu pimpinan di tingkat Mabesau yang berkedudukan langsung di bawah Kepala Staf Angkatan Udara (Kasau) dan bertugas membantu Kasau dalam menyelenggarakan fungsi staf umum TNI Angkatan Udara di bidang potensi kedirgantaraan meliputi perencanaan program dan anggaran, pembinaan kemampuan kedirgantaraan, pembinaan pertahanan wilayah, pembinaan komunikasi sosial, pembinaan bakti TNI AU, dan pembinaan wilayah perbatasan udara. Spotdirga juga memiliki kewajiban dalam pembinaan organisasi seperti Federasi Aero Sport Indonesia (FASI) dan Satuan Karya (Saka) Dirgantara dalam menyiapkan ruang alat dan kondisi juang yang tangguh bagi kepentingan pertahanan negara untuk aspek udara.

Baca juga:  Pangkosekhanudnas III Hadiri Open House Ketua DPRD Sumut

Menurutnya pengawasan, evaluasi, serta sosialisasi pembinaan potensi dirgantara diperlukan guna mewujudkan persamaan persepsi dalam manejemen pembinaan potensi dirgantara. “Sehingga kegiatan jajaran di TNI AU dapat berjalan secara maksimal, maka wasev dan sosialisasi binpotdirga perlu dilaksanakan sebagai bahan untuk merencanakan, mengkaji, merumuskan, dan menyusun kebijakan yang berkaitan dengan penyiapan kemampuan potensi dirgantara di bidang latihan, administrasi, personel, materiil, sarana prasrana, serta mengawasi, mengendalikan, dan mengevaluasi pelaksanaannya,” tambah Lulusan Akabri tahun 1989 tersebut.

Menutup sambutannya, Kolonel Pas Rolland mengharapkan forum tersebut menjadi sarana komunikasi tukar pikiran dan saling memberi masukan yang baik antar satuan maupun Spotdirga selaku eselon pembantu pimpinan di tingkat Mabesau.

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel