Berita

Waspada Terhadap Situasi Menjadi Keharusan

Dibaca: 15 Oleh 16 Mei 2010Tidak ada komentar
emb 314
#TNIAU 

Situation Awareness (SA) merupakan persepsi dari elemen-elemen di suatu lingkungan yang dibatasi oleh ruang dan waktu, yang digunakan untuk menghadapi tantangan maupun musibah yang mungkin terjadi sebelum melaksanakan pekerjaan agar terhindar dari kecelakaan atau kerusakan. Demikian disampaikan oleh Kapten Lek Handy P. dari Depohar 20 pada briefing pagi di Ruang briefing Teddy Kustari Lanud Iswahjudi, Rabu (9/9).

 

Dikatakan ada tiga tingkatan SA (Waspada terhadap Situasi), yaitu SA level satu perception (membangun situasi) adalah mengenal, mengetahui, mengingat, mendengar, merasakan dan melihat, hal-hal di sekitar. SA level dua comprehension (memahami makna & mengolah Persepsi), mengaktifkan serta mempersiapkan knowledge, skill dan experience yang pernah didapat.

 

Sedangkan untuk SA level tiga projection/anticipation (proyeksi/antisipasi) adalah memperkirakan kemungkinan situasi/bahaya yang bisa terjadi, mempersiapkan tindakan antisipasi yang akan diambil.

 

Untuk membangun SA dengan jalan melihat dan mengamati sekeliling dengan knowledge (ilmu pengetahuan) dan experience (pengalaman) yang telah dimiliki, untuk melakukan evaluasi hasil integrasi terhadap kemungkinan terjadinya perubahan situasi kedepan.

Baca juga:  IDUL ADHA 1432 H DI LANUD RANAI

 

Untuk mempertahankan SA dapat dilakukan dengan cara mengembangkan komunikasi yang terpadu dan efektif, memperkaya informasi, meningkatkan kemampuan memahami, berfikir maju, waspadai penyimpangan standard & procedure yang terjadi, tunjukkan bahwa anda ‘aware’ terhadap apa yg terjadi di sekitar kita serta tetap mengikuti perkembangan status misi yang ‘updated’.

 

Pada akhir paparan, Kapten Lek Handy P. menyimpulkan bahwa setiap orang harus selalu waspada terhadap situasi (Situation Awareness), agar tetap terjaga keselamatannya, baik dalam kondisi santai maupun sedang bekerja. Hal tersebut harus dilakukan karena suatu musibah atau kecelakaan dapat terjadi di setiap saat meskipun sangat tidak diharapkan oleh setiap orang. Demikian pula anggota TNI AU yang setiap saat harus selalu siaga dalam kondisi apapun, maka SA menjadi keharusan yang setiap saat harus dikedepankan demi terwujudnya keselamatan terbang dan kerja.

 

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel