TNI AU - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Udara

Wasrik Untuk Mencegah Terjadinya Penyimpangan

By 05 Sep 2017Berita
logo-tni-au-featured-1600×900

Pengawasan dan pemeriksaan diyakini memegang peran penting dalam pengendalian kegiatan sebuah institusi. Bagi TNI AU pengawasan dan pemeriksaan akan menjadi garda terdepan untuk menjamin agar performa kinerja institusi makin akuntabel.

Kepala Staf TNI AU (Kasau) Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.IP dalam amanat tertulisnya yang dibacakan Wakil Kasau (Wakasau) Marsekal Madya (Marsdya) TNI Hadiyan Sumintaatmadja, saat taklimat awal Inspekorat Jenderal dan Perbendaharaan TNI AU (Itjenau) di Mabesau, Cllangkap, Senin (28/8) mengatakan, kegiatan pengawasan dan pemeriksaan (Wasrik) oleh Itjenau merupakan bagian dari fungsi manajemen yang bertujuan mendeteksi dan mencegah penyimpangan serta penurunan kinerja organisasi sedini mungkin. Sehingga akan terjamin kesesuaian antara perencanaan progam kerja dengan dinamika pelaksanaan di lapangan.

Dijelaskan, di era reformasi tertib manajemen sudah menjadi kebutuhan standar setiap organisasi. Oleh karena itu Wasrik merupakan salah satu instrumen untuk mengukur sejauh mana tertib manajemen dan tata kelola administrasi yang sudah dilaksanakan organisasi.

“Sesuai daur manajemen, pengawasan dan pemeriksaan organisasi, memegang peran penting tak ubahnya sebagai garda terdepan guna menjamin pelaksanaan tugas yang bersih dan dapat dipertanggungjawabkan” kata Kasau. Hal tersebut sejalan dengan amanat UU RI Nomor 34 tahun 2004 tentang TNI, disebutkan bahwa pengelolaan anggaran dilaksanakan berdasarkan prinsip transparansi, akuntabilitas, pertanggungjawaban serta efisiensi sebagai wujud dalam menerapkan tata kelola pemerintahan yang baik berdasarkan peraturan dan perundang-undangan yang berlaku.

Menyikapi amanat UU tersebut, TNI berkewajiban memenuhi standar Sistem Akuntansi Pemerintah (SAP) dalam pengelolaan anggaran. Sebagai tindak lanjutnya, TNI AU perlu menertibkan penerapan Sistem Akuntansi Instansi (SAI) baik Sistem Administrasi Keuangan (SAK) maupun Sistem Informasi Manajemen dan Akuntansi Barang Milik Negara (SIMAK).

Taklimat awal Itjenau tahun 2017, akan dilaksanakan secara serentak dengan obyek Wasrik beberapa Badan Pelaksana Pusat (Balakpus) Mabesau. Hadir pada Taklimat Awal Itjenau kali ini, Koordinator Staf Ahli Kasau, Para Asisten Kasau, Para Pangkotama/Komandan Kotama TNI AU, Gubernur AAU dan para Kepala Balakpus Mabesau.

Leave a Reply

Verifikasi CAPTCHA *

Wasrik Untuk Mencegah Terjadinya Penyimpangan