Berita

Wasrikkap Itjenau ke Lanud Sulaiman

Dibaca: 66 Oleh 31 Agu 2020Tidak ada komentar
Wasrikkap Itjenau ke Lanud Sulaiman
#TNIAU 

TNI AU. LANUD SLM.  Komandan Lanud Sulaiman Kolonel Pnb Mohammad Nurdin beserta para Kepala Dinas, Komandan Skadik, dan Kepala/Kepala Seksi menyambut kedatangan Tim Wasrikkap Itjenau, saat entry briefing dalam rangka pelaksanaan Pengawasan dan Pemeriksaan Lengkap (Wasrikkap) di Ruang Rapat Staf I Lanud Sulaiman, Kec. Margahayu, Kab. Bandung.,Senin (31/8/2020).

Danlanud Sulaiman dalam sambutannya mengharapkan agar kepada para  perwira yang menjadi rujukan dan obyek pemeriksaan hendaknya dapat bekerja sama untuk  memberikan data yang diperlukan. “Untuk itu, agar tercipta kerjasama yang sinergi antara tim Wasrik dengan Lanud Sulaiman maka diperlukan keterbukaan, kejujuran, dan kerja sama yang harmonis selama pelaksanaan Wasrik”, kata Danlanud.

Sementara itu, Marsma TNI Sujatmiko GS., M.Sc., (Irbinsumda) selaku   Pengendali Tim Wasrikkap, menyampaikan bahwa berdasarkan Perkasau no.23 tentang Pokok-pokok Organisasi dan Prosedur Irjenau bahwa Irjenau bertugas membantu Kasau di bidang pengawasan dan pemeriksaan umum serta pengawasan dan pemeliharaan terhadap daya guna, hasil guna, tepat guna, tertib hukum, tertib adminsitrasi, dan tertib tindak di bidang pembinaan, kesiapsiagaan, dan pembangunan di jajaran TNI AU dalam mendukung tugas TNI AU.

“Dengan dilaksanakannya Wasrikkap ini, diharapkan Itjenau dapat mengetahui sampai sejauh mana Lanud Sulaiman merealisasikan pencapaian program kerja dan anggaran dengan berpedoman pada prinsip ketaatan dan ketertiban (2K), serta Efektif, Efisien, dan Ekonomis (3 E),” jelas pengendali tim Wasrikkap Itjenau yang juga mengatakan bahwa melalui Wasrikkap ini diharapkan pula Itjenau mampu mendeteksi setiap kemungkinan timbulnya permasalahan, hambatan, dan penyimpangan terhadap program kerja. Mulai dari tahap perencanaan sampai dengan tahap pelaporan dengan tepat waktu tanpa mengulangi kesalahan serupa di tahun anggaran berikutnya.

Wasrikkap ini adalah dalam rangka mengemban salah satu fungsi manajemen, yaitu melaksanakan pengawasan, pemeriksaan, mengukur dan mengontrol, serta melihat sampai sejauhmana pelaksanaan program kerja yang telah dilaksanakan Lanud Sulaiman  selama ini. ”Dengan demikian, pelaksanaan tugas selanjutnya akan semakin tertib, teratur, dan lancar disertai perubahan ke arah nyata yang lebih baik guna meningkatkan kemampuan dan kekuatan di jajaran TNI Angkatan Udara. “Oleh karena itu, saya mengharapkan adanya kerjasama serta keterbukaan antara pejabat Lanud Sulaiman dengan tim Itjenau sebagai mitra kerja, sehingga apabila ada permasalahan yang menonjol dapat berpotensi mengganggu kinerja satuan segera diketahui pimpinan TNI AU dalam menentukan kebijakan selanjutnya,” jelasnya.

Dikatakan pula bahwa untuk mencapai opini WTP (Wajar Tanpa Pengecualian) dengan paragraf penjelasan dari BPK bukanlah hal yang mudah. Sebagai catatan, untuk mencapai opini WTP minimal harus memperhatikan beberapa langkah, diantaranya adalah langkah mengidentifikasi. Pejabat terkait harus mampu mengidentifikasi program kerja yang akan dilaksanakan. Inventarisiasi, membuka kembali aturan dan undang-undang sebagai pendukung dalam pelaksanaan program kerja. Kemudian mengimplementasi dari langkah sebelumnya sehingga minimal 2K tercapai, dan terakhir adalah pengawasan secara internal yang dilaporkan dalam bentuk laporan keuangan.

Acara dilanjutkan dengan paparan Danlanud mengenai pelaksanaan progja dan anggaran TA. 2019 dan Semester pertama TA. 2020. Berikutnya tim wasrik melakukan pendalaman di masing-masing objek pemeriksaan. Tim  Wasrikkap Itjenau terdiri dari Kolonel Tarjoni (Irdaopslat) selaku Ketua Tim, Letkol Lek Hery Markorery (Parikduklog), Letkol Adm L. Yohanes Wain (Parikpers), Letkol Adm Daniel Densius (Parikku),  Letkol Sus Heri K, S.H., M.H., (Parik Sus), dan pendamping dari Kodiklatau Mayor Tek Agung Suprayogi. Tim Wasrikkap Itjenau  akan melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya selama beberapa hari kedepan.

 

Baca juga:  Perwira Korpaskhas Mengikuti Seleksi Seskoau Dan Sekkau Tingkat Korpaskhas

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel