Berita Utama

Webinar HUT-57 Koharmatau, Kasau : Loncatan Teknologi Militer Ubah Taktik Pertempuran Masa Depan

Dibaca: 98 Oleh 21 Okt 2020Tidak ada komentar
Webinar HUT-57 Koharmatau, Kasau : Loncatan Teknologi Militer Ubah Taktik Pertempuran Masa Depan
#TNIAU 

TNI AU. CILANGKAP, DISPENAU. Kepala Staf Angkatan Udara (Kasau) Marsekal TNI Fadjar Prasetyo, S.E., M.P.P., mengatakan, lompatan teknologi militer yang behitu cepat, sebagai konsekuensi dari revolusi industri ke empat, mengubah persepsi dan cara pandang ancaman terhadap kedaulatan negara, sehingga mengubah taktik pertempuran serta bentuk dan strategi perang di masa depan.

Pernyataan tersebut disampaikan Kasau dalam Keynote Speech yang dibacakan Wakil Kepala Staf Angkatan Udara (Wakasau) Marsekal Madya TNI Fahru Zaini Isnanto, S.H., M.D.S., pada Seminar-Webinar memperingati HUT ke-57 Komando Pemeliharaan Materiel Angkatan Udara (Koharmatau) melalui Virtual dari Gedung Raden Suryadi Suryadarma Mabesau Cilangkap, Jakarta Timur, Rabu (21/10/2020).

Seminar-Webinar tersebut menghadirkan Kadiskonsau Marsma TNI I.G. Made Radar P.J., S.T., Dekan Fakultas Teknik Mesin dan Dirgantara ITB Prof. Dr. Tatacipta Dirgantara, Direktur Business dan Base Operation PT. GMF Aeroasia Andi Fahrurrozi, S.T., M.T., dan para personel Koharmatau.

Kasau juga menyampaikan, menjadi Angkatan Udara yang disegani, tidak harus berkutat pada mindset memperkuat Alutsista saja, jauh lebih penting adalah bagaimana upaya kita meningkatkan kualitas sumber daya manusia, khususnya kualitas para teknisi pemeliharaan yang dimiliki TNI AU.

Baca juga:  Donor Darah pada Rangkaian Peringatan HUT ke-5 Skadron Udara 16

“Para teknisi TNI AU harus selalu update dengan pengetahuan terkini di berbagai bidang, baik di sistem persenjataan, avionik, termasuk juga kecerdasan buatan yang bisa diintegrasikan ke dalam platform pesawat,” ujar Kasau.

Lebih lanjut Kasau menegaskan, mayoritas pesawat yang beroperasional di Skadron TNI AU, masih menggunakan frame atau skin dari material logam. Di sisi lain, dewasa ini material komposit telah digunakan secara lebih luas dan memiliki beberapa keunggulan spesifik yang lebih baik dari material logam, seperti sifat high specific strength, yang menjadikan material komposit lebih ringan dan tahan terhadap korosi.

“Saat ini, Alutsista TNI AU yang terbuat dari material komposit, jenis dan jumlahnya masih sangat minim, sehingga kemampuan teknisi kita dalam menangani material tersebut masih terbatas,” tegas Kasau.

Seminar-Webinar ini merupakan rangkaian memperingati HUT Ke-57 Koharmatau, mengusung tema “Menyikapi Perkembangan Teknologi Material Pesawat Terbang Guna Menjaga Kualitas Pemeliharaan Pesawat Terbang TNI AU” diselenggarakan di Gedung Boediardjo Makoharmatau Bandung dan disiarkan langsung melalui Medsos TNI AU dengan menghadirkan narasumber Dr.Ing. Ilham Akbar Habibie, MBA, Prof. Dr. Ichsan Setya Putra, dan Prof. Dr. Bambang Kismono Hadi.

Webinar HUT-57 Koharmatau, Kasau : Loncatan Teknologi Militer Ubah Taktik Pertempuran Masa Depan

Webinar HUT-57 Koharmatau, Kasau : Loncatan Teknologi Militer Ubah Taktik Pertempuran Masa Depan

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel