Berita

Webinar Kantor Atase Pertahanan KBRI Singapura: Peran TNI dalam Menghadapi Covid-19

Dibaca: 167 Oleh 15 Mei 2020Tidak ada komentar
Webinar Kantor Atase Pertahanan KBRI Singapura: Peran TNI dalam Menghadapi Covid-19
#TNIAU 

TNI AU.  Web Internet Based Seminar (Webinar) yang diprakarsai Kantor Atase Pertahanan KBRI Singapura telah sukses dilaksanakan pada Kamis (14/5/2020). Mengangkat tema “Peran TNI dalam Penanganan Covid19”,    Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto yang didampingi oleh Duta Besar RI untuk Singapura, Bapak I Gede Ngurah Swajaya menjadi keynote dalam acara tersebut. bertindak sebagai moderator merangkap penanggung jawab kegiatan adalah Atase Pertahanan RI untuk Singapura, Kolonel Pnb Benny Arfan. Dan sebagai cohost dalam mengkoordinir para peserta adalah Atase Darat RI di Singapura Kolonel Inf San San Iskandar, Atase Laut RI-Singapura Kolonel laut (P) Jimmy Palupessy dan Asisten Athan Mayor R. Subhi. Sedangkan yang hadir sebagai peserta webinar adalah dari berbagai kalangan militer dan sipil antara lain seluruh Atase Militer RI di negara sahabat, dosen-akademisi dan tokoh masyarakat Indonesia di Singapura, Siswa TNI dan undangan lainnya. Turut hadir juga menyampaikan pandangan adalah Duta Besar RI untuk RRC, Bapak Djauhari Oratmangun, dan Wakasau, Marsekal Madya TNI Fahru Zaini.

Baca juga:  TNI AU BERI KESEMPATAN S-1 DAN D-III UNTUK MENJADI CPNS

Panglima TNI menjelaskan bahwa secara umum dalam penanganan Covid19, TNI melaksanakan Operasi Bantuan kemanusiaan dalam berbagai kegiatan. Semua kegiatan yang dilaksanakan bertujuan untuk mendukung dalam koridor strategi Pemerintah RI. Dubes RI untuk Singapura sebagai pembicara kedua juga menjelaskan bahwa Diplomasi dan Militer adalah dua hal yang tidak dapat terpisahkan khususnya dalam memberikan perlindungan kepada WNI di seluruh dunia.

Dalam hal ini tentunya kapabilitas yang dimiliki oleh TNI sangat dibutuhkan dalam penerapan diplomasi Pemerintah RI.   Sedangkan pada sesi diskusi dan tanya jawab yang dipandu oleh moderator,  terjadi kegiatan interaktif yang cukup menarik dimana Wakil Asisten Operasi Panglima TNI Marsma TNI Jory Koloay, dapat memberikan penjelasan terkait dengan pertanyaan bidang operasi militer kemanusiaan tersebut.   Adapun Dubes RI untuk China dan Singapura melengkapi penjelasan yang berkaitan dengan fungsi diplomasi dalam penanganan Covid19.

Seluruh rangkaian kegiatan Webinar berlangsung aman dan lancar berkat dukungan platform dari Satkomlek Mabes TNI sehingga walaupun peserta  terdiri dari 50 negara, namun jaringan, suara, dan video dapat diterima dengan baik sehingga pesan yang disampaikan oleh Panglima TNI dan pembicara lainnya dapat diterima dengan jelas.

Baca juga:  Pia Sekkau Adakan Pertemuan

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel