Berita

Wilayah Udara Untuk Kepentingan Nasional

Dibaca: 163 Oleh 22 Mei 2013Tidak ada komentar
Museum Pusat TNI Angkatan Udara Dirgantara Mandala
#TNIAU 

Wilayah udara sebagai wilayah dimensi yang tidak terpisahkan dari dimensi darat dan laut, mempunyai arti yang sangat penting bagi kepentingan nasional. Dalam wilayah udara suatu negara terkandung aspek hukum, politik, ekonomi, maupun pertahanan dan keamanan, oleh karena itu pengaturan wilayah udara yang jelas dan tegas adalah kebutuhan mutlak bagi suatu negara.

Demikian sambutan Kepala Staf Angkatan Udara Marsekal TNI Ida Bagus Putu Dunia pada acara Coffee Morning di Mabesau, Cilangkap, Rabu (22/5) yang diikuti pejabat TNI Angkatan Udara berpangkat Kolonel keatas se-Jakarta.

”TNI Angkatan Udara sebagai komponen pertahanan negara di udara, berdasarkan UU RI Nomor 34 tahun 2004 tentang TNI, dalam pasal 10 dinyatakan bahwa TNI Angkatan Udara bertugas melaksanakan pemberdayaan wilayah pertahanan udara”, tegas Kasau.

Dalam Coffee Morning itu, para peserta mendengarkan dan melakukan tanya jawab tentang aneka tantangan dalam penegakan Hukum Udara yang disampaikan oleh pakar Hukum Udara dan Ruang Angkasa Prof. DR. Ida Bagus Rahmadi Supancana, S.H, M.Hum.

Baca juga:  LATIHAN MENEMBAK PERSONEL LANUD TANJUNGPANDAN

Dikatakan, persoalan Hukum Udara sangat erat dengan eksistensi TNI AU dimana semuanya saling terkait antara Prinsip-prinsip Hukum Udara , Open Sky Policy, Cyber Space Warfare, Defence Cooperation Training Area, Flight Information Region (FIR) dan Perundangan mengenai Pengawasan Ruang Udara Nasional.

Hadir pada acara tersebut Wakasau Marsdya TNI Sunaryo, Koorsahli Kasau Marsda TNI Sru Astjarjo Andreas, Asrena Kasau Marsda TNI Mawardi, Aspam Kasau Marsda TNI Zulhasymi, Asops Kasau Marsda TNI Bagus Puruhito, Aspers Kasau, Marsma TNI Herry Wibowo Eslah, Aslog Kasau Marsda TNI Ida Bagus Anom, serta pejabat Mabesau lainnya,

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel