Berita

WING I LANUD HALIM PERDANAKUSUMA GELAR LATIHAN SURVIVAL DASAR 2014

Dibaca: 20 Oleh 21 Feb 2014Tidak ada komentar
M 458 NA B 25 Mitchell Indonesian Airforce 7168661149
#TNIAU 

Prajurit TNI AU yang berdinas di Lanud Halim Perdanakusuma, Pramuka Saka Dirgantara dan peserta dari unsur penerbangan yang ada Bandara Halim Perdanakusuma akan menyelenggarakan Latihan Survival Dasar 2014 di wilayah Kalijati Subang pada Selasa-Kamis (18-20/2). Sebagai kegiatan awal dilaksanakan upacara pembukaan Senin (17/\2) dengan inspektur upacara Komandan Lanud Halim Perdanakusuma Marsma TNI Sri Pulung D., S.E., MMgt., Stud., di halaman Markas Wing 1 Lanud Halim Perdanakusuma.

Dalam sambutannya Komandan Lanud Halim Perdanakusuma Marsma TNI Sri Pulung D., S.E., MMgt., Stud., menyampaikan Latihan Survival Dasar merupakan program tahunan Wing I Lanud Halim Perdanakusuma bertujuan melatih dan memelihara kemampuan bertahan hidup di wilayah daratan maupun perairan bagi awak pesawat apabila terjadi accident pesawat terbang juga melatih para personel yang terlibat, khususnya pengembangan kemampuan kepemimpinan, manajemen, koordinasi dan kerjasama dengan sebaik-baiknya.

Ditambahkan dalam latihan diskenariokan juga, selian peserta harus menghadapi berbagai masalah di alam bebas untuk bertahan hidup, peserta harus pula menghadapi intaian dan kejaran pesawat musuh yang telah mengetahui keberadaan crew pesawat. “Sehingga dengan susah payah, kalian harus menggunakan berbagai teknik dan strategi untuk menghindari serangan musuh, kemudian dengan segera mencari pertolongan pada pasukan kawan agar segera diamankan ke tempat yang lebih aman”, ujar Danlanud.

Baca juga:  Casis Bintara Panda Lanud Ngurah Rai Laksanakan Tes Mental Ideologi (Mi)

Sementara itu Direktur Latihan Kolonel Pnb Y. Aditya Permana dalam laporan kesiapannya menyampaikan dari 76 peserta Latihan Survival Dasar 2014 berasal dari crew Skadron Udara 2,17,31, 45 dan Skadron Teknik 021 juga pramugari, staf Lanud, anggota Pramuka Saka Dirgantara Halim Perdanakusuma dan siswa Nusa Flying School. Sasaran-sasaran latihan yang ingin dicapai pertama terwujudnya kemampuan personel dan awak pesawat dalam menghadapi keadaan darurat, kedua turwujudnya mental dan fisik yang kuat dalam menghadapi kemungkinan emergency penerbangan dihadapkan tugas pokok Lanud Halim Perdanakusuma dan ketiga mampu bertahan hidup di wilayah daratan dan perairan.

Upacara pembukaan Latihan Survival Dasar 2014 ditandai dengan pemeriksaan pasukan, penyematan tanda peserta latihan, laporan kesiapan latihan dan sambutan inspektur upacara. Selesai upacara, Komandan Lanud Halim Perdanakusuma beserta tamu undangan dari Koopsau I, Dispsiau dan pejabat Lanud Halim Perdanakusuma memeriksa perlengkapan tiap-tiap peserta yang digelar di halaman Wing I Lanud Halim Perdanakusuma.

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel