Berita

Wingday Sekbang A-90 : Sebuah Penantian Panjang Menjadi Seorang Penerbang

Dibaca: 101 Oleh 03 Jan 2017Tidak ada komentar
emb 314
#TNIAU 

Suatu kebanggan tersendiri bagi para penerbang muda lulusan Sekbang Angkatan 90/ PSDP Angkatan 29, karena telah tiba saat yang dinanti-natikan, yaitu Prasetya Perwira (Praspa) yang biasa disebut Wing Day. Para Penerbang muda resmi hari ini akan menyandang pangkat baru Letnan Dua dengan Korp penerbang. Ini adalah sebuah kesuksesan besar dan luar biasa setelah hampir tiga tahun perjuangan panjang telah dilalui. Keluarga dan handai tulan turut bersuka cita ketika menyaksikan hari yang sangat bersejarah tersebut.

Kepala Staf Angkatan Udara Marsekal TNI Agus Supriyatna melantik 22 penerbang muda lulusan Sekbang TNI Angkatan 90/ PSDP Angkatan 29 di Lapangan Jupiter Lanud Adisutjipto, Yogyakarta. Jumat (23/12).

Saat diwawancarai awak media Marsekal TNI Agus Supriyatna menyampaikan bahwa upacara pendidikan Sekbang Angkatan 90/ PSDP Angkatan 29 ini berhasil menjadi lulusan terbaik dari jurusan tempur adalah Arfa Reza Utama. Dari Jurusan Angkut adalah Ryan Aditya Bagus Satria dan dari jurusan Helicopter adalah Aula Nur Huda. Menurutnya sebanyak 22 penerbang muda tersebut akan ditempatkan di matra darat 16 penerbang, dan di matra udara sebanyak 6 penerbang.

Baca juga:  Samakan Persepsi, Ketua PIA AG Sekkau Berikan Sosialisasi Penatris

Sementara Komandan Lanud Adisutjipto disela-sela acara menambahkan bahwa sebelum dilantik Oleh Kasau, mereka telah melaksanakan Tradisi Sekbang melalui Ziarah ke pendahulu TNI AU yakni makam Adisutjipto dan Abdurahman Saleh di Monumen Perjuangan TNI AU di Ngoto, Long march dari Titik Nol Km Kota Yogyakarta menuju Sekbang Lanud Adisutjipto, dan juga Upacara Penutupan pendidikan (Tupdik) yang dipimpin oleh Komandan Kodiklatau yang telah dilaksanakan tanggal 20 Desember 2016 di Wisma Adisutjipto Yogyakarta. Danlanud Adisutjipto menambahkan keberhasilan TNI AU, khususnya Lanud Adisutjipto sebagai pelaksana pendidikan Sekbang merupakan jawaban atas kekurangan guna memenuhi kebutuhan personel penerbang di organisasi TNI.

Sekbang Angkatan Ke-90 adalah prajurit Suka rela Dinas Pendek (PSDP) Angkatan 29 dibuka oleh Komandan Kodiklatau Marsda TNI Eko Supriyanto tanggal 11 Juli 2014 dan ditutup tanggal 20 Desember 2016. Sekbang Angkatan Ke-90 adalah prajurit Suka rela Dinas Pendek (PSDP) Angkatan 29, Bina kelas mulai tanggal 11 Juli 2014 sampai dengan tanggal 10 Desember 2016. Melaksanakan latihan para dasar di Lanud Sulaiman tanggal 8 Januari sampai dengan 7 Februari 2015.

Baca juga:  Pokja Penyusunan Juknis

Tahap Bina Terbang Latih Dasar dilaksanakan di Skadik 101 dengan Pesawat Grob120 TP-A. dari 27 Agustus 2015 s/d 23 Februari 2016) dan Bina Terbang Latih Lanjut dilaksanakan tanggal 16 Mei s/d 10 sepetember di Skadik 102. Dalam Bina terbang latih lanjut ini siswa Jurusan Tempur memakai Pesawat KT-1 B dan jurusan Angkut dengan menggunakan pesawat Grob 120 TP-A. Tahap Kematraan TNI AD, tgl 3 Oktober 2016 s/d 3 Desember 2016 dan untuk kematraan TNI AU, tgl 13 September sampai dengan 3 Desember 2016. dan Tahapan pendidikan diakhiri dengan pembekalan CPL , tgl 5 s.d 10 Desember 2016. Mereka juga dijuruskan menjadi 3 orang ke pesawat tempur, 7 orang jurusan transport, dan 12 orang ke Rotary Wing.

Di penghujung upacara Wing Day, berbagai pesawat latih yang biasa digunakan untuk Sekbang Lanud Adisutjipto, diantaranya The jupiter Aerobatik Team ( KT-1 B Woong Bee ), Pesawat Grob dan Cessna ikut memeriahkan kegembiraan para wisudawan. Tiga jenis pesawat latih ini sudah sering menampilkan atraksi dan aerobatik pada event nasional dan internasional. Di event tersebut juga ditampilkan penerjun-penerjun TNI AU dan Fasi Yogyakarta dan atraksi pesawat microlight dari Fasi DIY. Penerjun-penerjun yang telah mahir dan telah mengharumkan DIY mendebarkan para wiudawan dan keluarga, para peserta upacara dan seluruh hadirin.

Baca juga:  LANUD PADANG MENDAPAT KEHORMATAN LAKUKAN SELEKSI CPNS SAR PADANG

Pada bagian akhir seluruh wisudawan akan melaksanakan acara tradisi passing out parade yang dilakasanakan oleh siswa-siswa Sekbang di Lanud Adisutjipto. Passing out parade ini merupakan simbol pemberian ucapan selamat jalan kepada senior dari yunior yang melepas menuju medan pengabdian melalui Tentara Nasional Indonesia kepada bangsa dan negara Indonesia.

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel