Berita

WINGDIKTEKKAL MENDAPAT KUNJUNGAN IRJENAU

Dibaca: 5 Oleh 07 Jun 2010Tidak ada komentar
WINGDIKTEKKAL MENDAPAT KUNJUNGAN IRJENAU
#TNIAU 

“Kegiatan pengawasan dan pemeriksaan senantiasa berulang setiap tahun yang menandai bahwa fungsi pengawasan dan pemeriksaan berperan serta di dalam setiap proses baik di awal maupun akhir dari setiap kegiatan organisasi TNI dengan cara menerapkan menejemen modern yang bercirikan proses perencanaan yang tepat, pelaksanaan yang teratur dan pengawasan yang berkelanjutan.  Begitupun halnya dengan kegiatan rutin tim wasrik Itjenau di Wingdiktekkal ini yang merupakan upaya pembinaan dan pengendalian dalam pelaksanaan tugas yang telah dilaksanakan oleh Wingdiktekkal. Semoga dengan kedatangan tim wasrik Itjenau ini akan memberi angin segar bagi Wingdiktekkal dalam membangun, mengembangkan dan meningkatkan postur kemampuan Wingdiktekkal di masa mendatang”, demikian  penegasan Komandan Wingdiktekkal Kolonel Amin Sulaksono saat menerima kunjungan tim Wasrik Itjen TNI AU, (Senin 7/6) di ruang rapat Wingdiktekkal Kalijati

 

Tim Wasrik Itjen TNI AU yang diketuai Irops Itjenau Marsma TNI Bambang Wahyudi dalam sambutannya menyatakan sebagai internal audit, Itjenau bertugas membantu Kasau dalam menyelenggarakan kegiatan pengawasan dan pemeriksaan, berupaya untuk mendeteksi kemungkinan adanya masalah , hambatan dan penyimpangan terhadap pelaksanaan tugas dan fungsi Wingdiktekkal.

Baca juga:  SAFARI INTEL DI LANUD ASTRA KSETRA

 

Dalam melaksanakan tugas, itjenau sebagai pengawas internal menerapkan paradigma yang harus kita sepakati dan pahami bersama yang meliputi tiga fungsi antara lain: Preemtif : fungsi ini pada memberikan konsultasi terhadap permasalahan-permasalahan yang dihadapi. Preventif : fungsi ini pada intinyadilaksanakan pada proses perencanaan dalam seluruh aspek. Represif : fungsi ini dilaksanakan melalui kegiatan wasrik itjenau terhadap pelaksanaan program/kegiatan dan manfaatnya ungkap Bambang Wahyudi dalam sambutannya.

 

Pada kesempatan itu juga Irops itjenau menyampaikan beberapa penekanan untuk dipedomani dalam tugas-tugas mendatang antara lain: tingkatkan kegiatan waskat untuk mencegah penyalahgunaan wewenang/jabatan dan mencegah pemborosan, perkecil temuan BPK dengan cara mematuhi kegiatan/program yang menggunakan mata anggaran sesuai prosedur yang berlaku, gunakan buku II yang telah ditandatangani kasau sebagai pedoman,dan apabila terjadi pergeseran penggunaan anggaran,harus atas seijin Asrena Kasau selaku Dalgiat,namun hal itu sedapat mungkkin harus dihindari. Kuasai dan pahami betul aturan-aturan yang menjadi dasar dalam pelaksanaan tugas, dengan cara meningkatkan kemampuan dalam bidang yang menjadi tugas dan tanggung jawabnya. Dalam rangka mendukung terwujudnya opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP), Sosialisasikan SAK dan SIMAK BMN di setiap satuan kerja, sehingga pelaksanaan SIMAK BMN dan tertib administrasi serta prosedur di lingkunngan TNI/TNI AU dapat terlaksana sesuai ketentuan yang berlaku. 

Baca juga:  Cegah Penyebaran Covid-19, AAU Lakukan Langkah Antisipasi

 

Pada bagian lain, Komandan Wingdiktekkal juga menegaskan bahwa kegiatan wasrik Itjen TNI AU adalah kegiatan rutin tahunan yang harus dilaksanakan dan ini merupakan suatu system yang perlu terus dikembangkan dan dibudayakan, karena dapat digunakan sebagai alat untuk membantu pimpinan dalam melihat pelaksanaan tugas yang telah dikerjakan dan yang belum  dilaksanakan.

 

Komandan Wingdiktekkal juga mengajak kepada seluruh staf agar memberikan bantuan kepada Tim Itjen TNI AU dengan memberikan penjelasan-penjelasan yang dibutuhkan guna kemajuan tugas Wingdiktekkal di masa mendatang.

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel