Berita

Wingdikum Adakan Latihan Penanggulangan Kebakaran

Dibaca: 15 Oleh 12 Mar 2015Tidak ada komentar
Wingdikum Adakan Latihan Penanggulangan Kebakaran
#TNIAU 

Kebakaran dapat terjadi kapan saja dan dimana saja yang mampu menimbulkan kerusakan dan kerugian baik materiil ataupun personel, sehingga perlu adanya pelatihan penanggulangan kebakaran untuk meminimalisir kerugian yang diakibatkannya. Demikian yang dikatakan Kadisopsdik Wingdikum Letkol Adm Heri Purnomo, ST., saat membuka latihan penanggulangan kebakaran di lapangan Skadik 503 Wingdikum, Bogor. Rabu (11/3). 

Menindaklanjuti hal tersebut, Wingdikum bekerja sama dengan Lanud Atang Sendjaja dalam hal ini staf Base and Rescue Lanud Atang Sendjaja mengadakan simulasi dan pelatihan penanggulangan kebakaran. Menurut Kasubsi Base and Rescue Lanud Atang Sendjaja Mayor Tek Azmi, latihan penanggulangan kebakaran merupakan latihan kesiapan bagi personel dalam rangka menanggulangi dan mencegah terjadinya kebakaran serta menciptakan keselamatan kerja dalam setiap pelaksanaan tugas di kesatuan. “Melalui kegiatan ini, diharapkan seluruh personel dan siswa Skadik memiliki kesiapan dan kemampuan dalam upaya penanggulangan kebakaran dengan menggunakan alat pemadam kebakaran secara tepat, cepat dan aman,” lanjutnya. 

Sebelum praktek, personel Base and Rescue Lanud Atang Sendjaja mensosialisasikan sumber kebakaran, bahaya dan tingkatan cara pencegahan kebakaran, cara penanggulangan kebakaran serta pengenalan alat pemadam kebakaran (Alpeka). Selanjutnya personel Base and Rescue Lanud Atang Sendjaja memberi contoh pengoperasian alpeka dan kemudian perwakilan siswa dari setiap pendidikan mempraktekkan pemadaman api dengan menggunakan alpeka jenis powder. 

Baca juga:  Perayaan Natal Tahun 2019 di Gereja Oikumene GPIB Immanuel Lanud Sjamsudin Noor

Selama latihan penanggulangan kebakaran ini, terlihat para siswa sangat antusias mengikuti dan memperhatikan cara menggunakan alpeka dan bagaimana cara menghadapi bahaya kebakaran jika sewaktu-waktu terjadi. Menurut salah satu siswa mengatakan bahwa kegiatan ini sangat bernilai positif dan menambah wawasan dalam mencegah dan menanggulangi kebakaran. Hadir dalam latihan penanggulangan kebakaran tersebut, Danskadik 501 Wingdikum Letkol Adm Cuk Hendradinata, Danskadik 503 Wingdikum Letkol Adm Rudy Pristiwawan.

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel