Berita

Wingdikum Adakan Latihan Simulasi Kebakaran

Dibaca: 7 Oleh 14 Jul 2021Tidak ada komentar
IMG 20210714 WA0012
#TNIAU 

 

TNI AU. Kebakaran merupakan salah satu ancaman yang berbahaya dan dapat mengakibatkan korban jiwa jika kita tidak melakukan upaya yang tepat dalam mencegah kebakaran. Hal inilah yang menjadi dasar Wing Pendidikan Umum melaksanakan simulasi pelatihan pemadam kebakaran yang berlangsung dilapangan apel Mawingdikum yang disaksikan Paban II/Lat Ditdiklat Kodiklatau Kolonel Pnb Tiopan Hutapea, S.Sos., Komandan Wingdikum Kolonel Sus Peni Saptaning Putri, S.H., M.H., Pabandyalatsat Paban II/Lat Ditdiklat Kodiklatau Letkol Pas Made Sumdra, S.Pd., dan Para Kadis Wingdikum serta diikuti personel militer dan PNS Wingdikum. Bogor (14/7).

Di dalam latihan simulasi kebakaran tersebut terdapat materi-materi yang diajarkan antara lain adalah mengenai cara penanggulangan bencana kebakaran, mengenai jenis-jenis alat pemadam kebakaran, jenis alat pemadam kebakaran (APAR) dengan bahan bentuk bubuk kimia kering, bahan carbon dioxide (Co2), busa, cara penggunaan alat pemadam kebakaran, penggunaan selang hydrant dan cara penggunaan APAR aman.
Tujuan dilaksanakannya simulasi latihan pemadam kebakaran ini adalah untuk membina dan meningkatkan kemampuan dan keterampilan personel yang berada di Wingdikum yaitu dengan cara melatih dan mempraktekkan kembali pengetahuan tentang teknik pencegahan dan penanggulangan apabila terjadi kebakaran di tempat atau dilingkungan kerja.

Danwingdikum Kolonel Sus Peni Saptaning Putri, S.H., M.H. berharap kepada seluruh personel Wingdikum, untuk selalu memaknai latihan ini sebagai wujud tanggung jawab moral kita semua, untuk mencegah, mengurangi dan memadamkan kebakaran serta penanganan setelah kejadian kebakaran. Dan yang tidak kalah pentingnya adalah di masa pandemi Covid-19 ini, penyebaran Covid-19 semakin meningkatan. Untuk itu harus lebih waspada dalam menjaga kesehatan dengan tetap disiplin mentaati dan mematuhi protokol kesehatan, ujarnya.

Diakhir kegiatan seluruh personel Wingdikum baik militer maupun PNS dipersilakan untuk mencoba masing-masing peralatan yang ada agar lebih memahami dan terbiasa nantinya apabila sewaktu-waktu dibutuhkan untuk membantu menanggulangi kebakaran tersebut.

Baca juga:  PANGLIMA TNI TRANSIT DI LANUD PEKANBARU

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel