Berita

WINGDIKUM LAKSANAKAN CERAMAH KESEHATAN

Dibaca: 2 Oleh 22 Nov 2013Tidak ada komentar
P-51 Mustang, Perintis Tim Aerobatik TNI Angkatan Udara
#TNIAU 

Pengetahuan dan pemahaman kesehatan sangat diperlukan bagi setiap prajurit Wingdikum, sehingga diharapkan akan mengetahui dan memahami tentang kesehatan. Pada pelaksanaan Minggu Militer yang dilaksanakan di Wingdikum,Bogor, Kamis, (21/11). Materi hari keempat Minggu Militer diisi dengan kegiatan ceramah kesehatan tentang obstruksi jalan napas oleh Kasiopsdik Skadik 504 Mayor Kes Bambang Suwarso. Diikuti oleh seluruh personel militer peserta latihan baik Perwira, Bintara, Wara dan Tamtama Wingdikum dan skadik jajaran. Hadir pada kegiatan ceramah tersebut Kadisops Wingdikum Letkol Adm Agus Setyo Hartono, S.AP, Kadispers Mayor Adm Ahmad Bukhori, S.Sos dan para pama lainnya.

Mayor Kes Bambang mengatakan bahwa kematian dapat datang sewaktu waktu tidak mengenal tempat dan waktu, bahkan cara kematian tiba pun kita tidak tahu bisa saat tidur bahkan saat makan. Jangan dikira ketika saat makan kita aman dari maut. “Waspadai obstruksi jalan napas karena kasus emergency dengan waktu kurang dari lima menit dapat terjadi kematian karena seluruh jalan nafas tersumbat tidak ada sedikit pun celah udara untuk lewat.

Baca juga:  Yayasan Kajian Citra Bangsa Kunjungi Muspusdirla

Maka yang perlu di waspadai dan menjadi perhatian, kata Mayor Kes Bambang, kita harus hati-hati saat makan jangan sambil ngobral atau bicara, kunyah yang lembut sebelum di telan, jangan makan sambil tiduran atau sambil berlarian, hati-hati terhadap makanan yang bentuk bulat, licin, dan kenyal seperti klepon, baso, somay, kacang sukro dan lainnya.

Apabila ada orang yang mengalami obstruksi jalan napas, maka untuk pertolongannya tenangkan sikorban, dengan posisi berdiri agak membungkuk ke depan lakukan blow and trush, tepuk dan dorong pada daerah tulang belikat kanan kiri dengan cepat, intens sampai makanan keluar. rangsang muntah dengan memasukkan jari ke anak lidah, lakukan dengan cepat dan segera. Ungkap Mayor Kes Bambang dalam ceramahnya.

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel