Berita

WISATA KE EQUATOR MONUMENT

Dibaca: 40 Oleh 07 Jun 2010Tidak ada komentar
IndonesianAF 1
#TNIAU 

Disetiap daerah tentunya mempunyai obyek-obyek wisata yang menjadi ciri khas atau kebanggaan daerah tersebut. Salah satu obyek wisata yang menjadi ciri khas kota Pontianak adalah tugu khatulistiwa atau Equator Monument. Tugu ini menjadi salah satu ikon wisata kota Pontianak dan selalu dikunjungi masyarakat , khususnya wisatawan yang datang ke kota Pontianak. Adapun letak tugu ini berada di Jl. Khatulistiwa, Pontianak Utara, Prop. Kalimantan Barat.

Saat Ketua Umum PIA AG Ny. Imam Sufaat berangkat ke Brunei Darussalam maka pengurus PIA AG Pusat yang tidak ikut melaksanakan wisata ke Tugu Khatulistiwa, Kamis (3/6). Selain ke tugu khatulistiwa rombongan pengurus PIA AG Pusat berkunjung ke Centra Aloevera (Pusat Budidaya Tanaman Lidah Buaya), pusat pengembangan Anggrek, kantor Dekranasda Kalbar dan pusat pembuatan kue lapis.

Menurut catatan sejarah yang ada di dalam gedung monumen tersebut tugu pertama dibangun tahun 1928 berbentuk tonggak dengan anak panah. Tahun 1930 disempurnakan berbentuk tonggak dengan lingkaran dan anak panah. Pada tahun 1938 dibangun kembali dengan penyempurnaan oleh opzicter/architech Silaban. Tugu asli tersebut dapat dilihat pada bagian dalam. Selanjutnya pada tahun 1990, kembali tugu khatulistiwa direnovasi dengan pembuatan kubah untuk melindungi tugu asli serta pembuatan duplikat tugu dengan ukuran lima kali lebih besar dari tugu aslinya. Peresmiannya pada tanggal 21 September 1991.

Baca juga:  PDBI RIAU GELAR KOMPETISI DRUMBAND/MARCHINGBAND

Keistimewaan tugu ini adalah saat terjadinya titik kulminasi matahari, yakni fenomena alam ketika Matahari berada di garis khatulistiwa. Pada saat itu posisi matahari akan tepat berada diatas kepala sehingga menghilang semua bayangan benda-benda dipermukaan bumi. Pada peristiwa kulminasi tersebut, bayangan tugu akan ”menghilang” beberapa detik saat diterpa sinar Matahari. Demikian juga dengan bayangan benda-benda lain disekitar tugu. Peristiwa titik kulminasi Matahari itu terjadi setahun dua kali, yakni antara tanggal 21-23 Maret dan 21-23 September. Peristiwa alam ini menjadi event kota Pontianak yang menarik kedatangan wisatawan.

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel