Berita

Workshop Literasi Menulis Kreatif Puisi dalam Rangka Menumbuhkan Budi Pekerti

Dibaca: 330 Oleh 25 Jul 2017Tidak ada komentar
TNI Angkatan Udara
#TNIAU 

Literasi sumber informasi ilmiah merupakan salah satu upaya dalam meningkatkan kualitas belajar dan mengajar kepada peserta didik. Perkembangan informasi yang begitu cepat dan luas memberikan pilihan beraneka ragam informasi bagi pesertadidik dan guru dalam rangka memenuhi kebutuhan informasi untuk menunjang kegaiatan belajar dan mengajar. Pemenuhan informasi saat ini sangat mudah, tinggal ketik dan klik maka kebutuhan informasi pada mesin pencari di komputer (PC), laptop atau memakai smartphone maka kebutuhan informasi sudah dapat dilakukan. Pertanyaannya apakah informasi yang diperoleh dari proses tersebut sudah layaknya digunakan sebagai referensi? Padahal kita ketahui bahwa hasil pencarian tersebut tidak semuanya memiliki kebenaran secara ilmiah.

SMP Angkasa Adisutjipto dalam melakukan literasi informasi di lingkungan sekolah telah memberikan dorongan untuk mengajak masyarakat sekolah ikut peduli mensukseskan program pemerintah tersebut.Melalui Workshop Literasi Menulis Kreatif Puisi dengan tujuan meningkatkan kualitas belajar diharapkan pemenuhi kebutuhan informasi yang benar, memiliki keakuratan secara ilmiah, dan secara tidak langsung mengurangi penyesatan informasi yang banyak tersedia secara online. Disamping itu juga sebagai upaya menyeluruh dari semua unit dalam rangka meningkatkan pendidikan karakter siswa di lingkungan SMP Angkasa Adisutjipto.

Baca juga:  Kedatangan Tim BPK R.I Lakukan Wasrik Di Lanud Abd Saleh

Jumlah peserta yaitu seluruh kelas 8 sekitar 102 siswa. Kegiatan workshop ini diselenggarakan secara gratis. Agenda ini merupakan kegiatan menumbuhkan minat literasi untuk siswa di sekolah.

Pelaksanaan workshop tersebut telah terlaksana pada Senin, 17 Juli 2017 dengan pembicara Fairuzul Mumtas, M.Pd. lulusan UNY. Bertempat di mushola SMP Angkasa Adisutjipto.

Kegiatan tersebut berlangsung dengan cukup meriah dan serius. Karena siswa diajak untuk menghasilkan karya puisi dan membacakannya. Ada acara door prize untuk mereka yang tampil membacakan puisi dan menulis puisi dengan indah dan bagus. Kegiatan ini didukung sepenuhnya oleh pihak sekolah. Kepala sekolah Bapak Mayor Penerbang Dariyanto memberi ruang untuk program pendidikan karakter siswa melalui literasi sekolah. Beliau mengatakan,”Sepenuhnya program pemerintah yang menumbuhkan karakter siswa akan saya fasilitasi dan dukung. Literasi sekolah merupakan program yang bagus untuk dilaksanakan di SMP Angkasa.”

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel