Berita

Wow Keren… Baru Ini PPSMB UGM Dimeriahkan The Jupiters

Dibaca: 40 Oleh 16 Agu 2017Tidak ada komentar
TNI Angkatan Udara
#TNIAU 

Dihadapan 9000-an Mahasiswa baru, The Jupiters yang merupakan kebanggaan Indonesia turut meramaikan dalam pembukaan Pelatihan Pembelajar Sukses bagi Mahasiswa Baru (PPSMB) Universitas Gajah Mada Yogyakarta, Senin 7/8, Bertempat di Lapangan Kampus UGM Bulaksumur Yogyakarta.

Tampilnya The Jupiters merupakan kali pertama dalam sepanjang lahirnya kampus tertua di Indonesia. Sehingga diharapkan moment penting ini bisa menjadi tradisi baik bagi Jupiter Aerobatic Team. Adapun members Jupiters yang ikut tampil memeriahkan event pembukaan mahasiswa baru tersebut diantaranya Jupiter 1 sekaligus Leader Letkol Pnb HM. Kisha “Razor”, yang keseharianya menjabat sebagai Komandan Skadik 102, Jupiter 2 Mayor Pnb Idham “Godham” Satria, Jupiter 3 Mayor Pnb Ferdinan “ Corbye” Habibi, Jupiter 4 Mayor Pnb Iwan “Gobang” Setiawan, Jupiter 5 Letkol Pnb Marchellinus ”liger” Dirgantara dan Jupiters 6 Letkol Pnb Frando “Fannex” Marpaung.

Unjuk kebolehan yang pertama kali tersebut menampilkan 13 manuver dari The Jupiters yaitu Jupiter Roll, Arrow head Lop, Twin Half Cuban, Tango to Diamond, Mirrow, Screw Roll, Heart, Roll Slide, Solo Spin, Five caerds Loop, leader Benefit Roll Back dan Dive Bomb-Burst.

Baca juga:  Lanud Rsn Bersama PSMTI Turut Berbagi di Tengah Covid-19

Kepala Staf TNI Angkatan Udara Marsekal TNI Hadi Tjahjanto sebelum tampilnya The Jupiters, memberikan orasi Kebangsaan dihadapan seluruh peserta PPSMB, dan diwakili 7 Mahasiswa dari berbagai wilayah di Indonesia diantaranya Papua, NTT, NTB, Medan, Menado, dengan memeberikan pertanyaan “Mengapa bangga dengan Indonesia”? dari masing-masing mahasiwa tersebut memberikan jawaban yang berbeda-beda. Namun salah satu perwakilan dari Menado mengatakan bahwa bangga kepada Indonesia salah satunya adalah karena Indonesia memiliki Jupiters Aerobatik Team yang diawaki oleh TNI AU.

Pada kesempatan itu Kasau memberikan apresiasi kepada para Mahasiswa Baru yang penuh semangat dan antusias dalam mengikuti acara PPSMB UGM. Selain itu Kasau juga memberikan merchandise kepada tujuh mahasiswa baru berupa miniatur pesawat TNI AU dan T Shirt Jupiters Aerobatic Team usai menjawab pertanyaan.

Tampilnya The Jupiters ini, bikin detak jantung dan juga kagum bagi seluruh peserta dan audiens. Salah satunya justru dari panitia PPSMB UGM bernama Raditya. menurut pengakuannya baru pertama kali Raditya melihat secara langsung atraksi dari tim aerobatic milik TNI AU, yang selama ini hanya mereka lihat dari layar televisi. Jupiter Aerobatik istimewa, keren, luar biasa, mengagumkan, dan hebat. Tidak terbayang pesawat bisa tampil dan bermanuver seperti itu, sungguh heran dan geleng kepala, katanya.

Baca juga:  Danwing III Membuka Kusus Terjun Bebas Olahraga

Selain tampilnya The Jupiters, juga disuguhi pertunjukan menarik lainnya yaitu atraksi terjun payung dari berbagai Angkatan, baik TNI AU, TNI AL maupun Kepolisian. Penerjunan dibagi 3 shortie, masing-masing shortie 15 penerjun sehingga total penerjun 45 dengan membawa berbagai benner, baik dari satuan maupun sponshor yang lainya. Rencananya The Jupiters akan tampil dalam pembukaan Pelatihan dan Pembelajaran Mahasiswa Baru UGM selama dua hari dari tanggal 7-8 Agustus 2017.

Usai Orasi dan tampilnya The Jupiters Kasau langsung menuju Gedung Ghraha Sabha Permana untuk mengadakan kesepakan bersama antara TNI AU dengan UGM di berbagai bidang, baik dalam dunia pendidikan maupun Tehnologi. Kejasama atau MoU yang terjalin akan lebih ditingkatkan, sehingga menjadikan ke dua instansi tersebut lebih kuat, bersinergis dan tetap terjaga, ujarnya.

Sementara Rektor UGM Prof. Ir. Panut Mulyono, M.Eng, Dr. M.Eng. Dalam sambutanya mengatakan bahwa Kesepakatan Bersama ini dimaksudkan untuk mewujudkan hubungan yang sinergis, saling menghormati, dan saling mendukung dalam memanfaatkan dan mengembangkan Sumber Daya yang dimiliki TNI Angkatan Udara dan Universitas Gadjah Mada yaitu pada penyelenggaraan Pendidikan, Penelitian, dan Pengabdian kepada Masyarakat berdasarkan prinsip keadilan serta keseimbangan, sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan. Kesepakatan Bersama ini berlaku untuk jangka waktu selama 5 (lima) tahun, terhitung sejak Kesepakatan Bersama ini ditandatangani, imbuhnya.

Baca juga:  Ratusan Siswa-Siswi TK Menyambut Kedatangan Pesawat Colibri di Lanud Wiriadinata

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel